Delegasi Angkatan Laut India Berkunjung ke Mako Koarmada I – Militer.or.id

Militer.or.id – Delegasi Angkatan Laut India Berkunjung ke Mako Koarmada I – Militer.or.id.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, sebagai penjaga laut, kita sadar akan meningkatnya tantangan dan ancaman yang dihadapi Angkatan Laut, terutama di Samudera Hindia.

Jakarta, Militer.or.id – Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menerima kunjungan kehormatan Delegasi Angkatan Laut India pada Kamis 11 Oktober 2018 di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso, Markas Komando Koarmada I, Jakarta Pusat.

Delegasi Angkatan Laut India yang berkunjung di Mako Koarmada I yaitu:

  1. Komandan kapal perang INS Tir (A 86) Captain Varun Singh.
  2. Komandan kapal perang INS Sujata (P 56) Commander Bhoopendra Singh Kunwar.
  3. Komandan kapal perang INS Shardul (L 16) Commander M.Abhishek Ram.
  4. Athan India untuk Indonesia Captain JS Dhanoa (pendamping).
HARUS BACA :  Indo Defence 2018: PT Pindad Teken Beberapa MoU Dengan Mitra Strategis

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, sebagai penjaga laut, kita sadar akan meningkatnya tantangan dan ancaman yang dihadapi Angkatan Laut, terutama di Samudera Hindia. Oleh karena itu, kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara adalah yang terpenting.

HARUS BACA :  Jepang Latihan Hadapi Bencana Alam dan Ancaman Rudal

Dengan semakin banyak bekerja sama, maka akan semakin mengenal satu sama lain, sehingga akan semakin baik bagi kedua Angkatan Laut untuk mengamankan dan memproyeksikan wilayah perairan masing-masing.

HARUS BACA :  Sebelumnya Tak Ada Keluhan dari AL Norwegia – Militer.or.id

Lebih lanjut Pangkoarmada I mengatakan, kedua Angkatan Laut telah bekerja sama selama bertahun-tahun diantaranya patroli terkoordinasi Indindo yang telah berjalan selama 15 tahun. Selain itu, kedua negara juga telah menyelenggarakan serta berpartisipasi dalam latihan multilateral Angkatan Laut, yaitu Milan dan Komodo.

Tidak hanya ditingkat operasional, kedua Angkatan Laut juga bekerja sama dalam pertukaran pendidikan dan pertukaran siswa, dan kunjungan ke pelabuhan.

Berkaitan dengan stabilitas keamanan, Pangkaoarmada I menjelaskan bahwa Koarmada I telah menetapkan Fleet One Quick Respone atau F1QR guna mendukung Koarmada I dalam mengatasi pelanggaran hukum nasional dan internasional di perairan Barat Indonesia.

HARUS BACA :  Jepang Latihan Hadapi Bencana Alam dan Ancaman Rudal

Tim F1QR berkoordinasi erat dengan Angkatan Laut tetangga dalam beberapa kasus, dan kerja sama semacam itu sangat bermanfaat dan efektif untuk menekan angka kejahatan di laut khususnya Selat Malaka dan Singapura.

Selanjutnya untuk lebih memahami tugas-tugas Koarmada I dan tanggung jawabnya, para Delegasi Angkatan Laut India menyaksikan secara visual tentang profil Koarmada I. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat Angkatan Laut.

HARUS BACA :  Patroli Udara Bersenjata Su-27/30 MK2 TNI AU

Turut mendampingi Pangkoarmada I dalam acara tersebut, Kaskoarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., dan para Pejabat Utama Koarmada I. (Dispen Koarmada I)

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Lulus Terbang Transisi Lettu Pnb Andika Dapatkan Callsign “Camel”

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here