Delegasi Angkatan Laut India Berkunjung ke Mako Koarmada I – Militer.or.id

Militer.or.id – Delegasi Angkatan Laut India Berkunjung ke Mako Koarmada I – Militer.or.id.

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, sebagai penjaga laut, kita sadar akan meningkatnya tantangan dan ancaman yang dihadapi Angkatan Laut, terutama di Samudera Hindia.

Jakarta, Militer.or.id – Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menerima kunjungan kehormatan Delegasi Angkatan Laut India pada Kamis 11 Oktober 2018 di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso, Markas Komando Koarmada I, Jakarta Pusat.

Delegasi Angkatan Laut India yang berkunjung di Mako Koarmada I yaitu:

  1. Komandan kapal perang INS Tir (A 86) Captain Varun Singh.
  2. Komandan kapal perang INS Sujata (P 56) Commander Bhoopendra Singh Kunwar.
  3. Komandan kapal perang INS Shardul (L 16) Commander M.Abhishek Ram.
  4. Athan India untuk Indonesia Captain JS Dhanoa (pendamping).
HARUS BACA :  Lulusan Terbaik Sekbang Terpadu A-93
HARUS BACA :  Rheinmetall Akan Pasok Skyshield ke Pelanggan Asia

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan, sebagai penjaga laut, kita sadar akan meningkatnya tantangan dan ancaman yang dihadapi Angkatan Laut, terutama di Samudera Hindia. Oleh karena itu, kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara adalah yang terpenting.

Dengan semakin banyak bekerja sama, maka akan semakin mengenal satu sama lain, sehingga akan semakin baik bagi kedua Angkatan Laut untuk mengamankan dan memproyeksikan wilayah perairan masing-masing.

HARUS BACA :  Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani – Militer.or.id

Lebih lanjut Pangkoarmada I mengatakan, kedua Angkatan Laut telah bekerja sama selama bertahun-tahun diantaranya patroli terkoordinasi Indindo yang telah berjalan selama 15 tahun. Selain itu, kedua negara juga telah menyelenggarakan serta berpartisipasi dalam latihan multilateral Angkatan Laut, yaitu Milan dan Komodo.

Tidak hanya ditingkat operasional, kedua Angkatan Laut juga bekerja sama dalam pertukaran pendidikan dan pertukaran siswa, dan kunjungan ke pelabuhan.

Berkaitan dengan stabilitas keamanan, Pangkaoarmada I menjelaskan bahwa Koarmada I telah menetapkan Fleet One Quick Respone atau F1QR guna mendukung Koarmada I dalam mengatasi pelanggaran hukum nasional dan internasional di perairan Barat Indonesia.

HARUS BACA :  Erik-Jan Raatgerink: Ambisi Saya adalah Memiliki Sistem Manajemen Tempur Indonesia
HARUS BACA :  Kasau Lantik 187 Perwira Setukupa A-20

Tim F1QR berkoordinasi erat dengan Angkatan Laut tetangga dalam beberapa kasus, dan kerja sama semacam itu sangat bermanfaat dan efektif untuk menekan angka kejahatan di laut khususnya Selat Malaka dan Singapura.

Selanjutnya untuk lebih memahami tugas-tugas Koarmada I dan tanggung jawabnya, para Delegasi Angkatan Laut India menyaksikan secara visual tentang profil Koarmada I. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat Angkatan Laut.

Turut mendampingi Pangkoarmada I dalam acara tersebut, Kaskoarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., dan para Pejabat Utama Koarmada I. (Dispen Koarmada I)

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here