Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Penghargaan kepada Dua Nelayan Panipahan Atas Penemuan Senjata – Militer.or.id

Militer.or.id – Penghargaan kepada Dua Nelayan Panipahan Atas Penemuan Senjata – Militer.or.id.

Danlanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Sdr. Afrizal dan Sdr. Misdi, “Ini merupakan salah satu indikator masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap TNI AL.

Jakarta, Jakartagreater.com  –  Dua Nelayan Panipahan menerima penghargaan dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai atas laporan penemuan 1 senjata laras panjang jenis M16 tanpa magazen dengan nomor senjata 0000575 saat mereka mencari ikan pada Selasa 9-10-2018 disekitar Perairan Tanjung Bangsi, Kabupaten Labuhan Batu, Sumut.

Kronologis penemuan senjata tersebut berawal pada Senin 9 pukul 11.00 WIB saat kedua nelayan tersebut melakukan pencarian ikan dengan menggunakan alat tangkap jaring disekitar Perairan Tanjung Bangsi pada koordinat 2° 44′ 19″ N – 100° 13′ 40″ E.

Saat jaring diangkat, nelayan tersebut melihat ada benda aneh mirip senjata yang tersangkut dijaring miliknya. Setelah mengecek lebih jelas dan menyakini bahwa benda tersebut adalah senjata, maka barang temuan senjata diserahkan ke Pihak Angkatan Laut dalam hal ini diterima Pos Angkatan Laut (Posal) Panipahan.

Selanjutnya Danposal Panipahan berkoordinasi dengan Danposramil Panipahan diteruskan ke Kodim Rohil, Koramil Kubu dan Posramil Panipahan. Mereka menyatakan tidak pernah kehilangan senjata laras panjang jenis M16 seperti yang ditemukan.

Demikian juga hasil koordinasi dengan pihak Polsek Panipahan bahwa senjata laras panjang jenis M16 bukan senjata organik milik Kepolisian RI. Senjata M16 temuan tersebut akhirnya dibawa ke Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan lebih lanjut. Hasilnya dinyatakan bahwa senjata tersebut bukan milik TNI AL.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino yang mendapat laporan dari Danposal Panipahan memerintahkan untuk membawa dua orang nelayan yang telah menemukan senjata tersebut ke Mako Lanal Dumai. Atas perintah Panglima Koarmada 1 kedua nelayan tersebut diberikan penghargaan.

Acara penyerahan penghargaan yang diberikan kepada 2 orang nelayan Panipahan Sdr. Afrizal dan Sdr. Misdi dilaksanakan bersamaan dengan dilaksanakannya acara Ramah Tamah Kenaikan Pangkat Prajurit Lanal Dumai Periode 1 Oktober 2018 pada hari Senin 15-10-2018 di Gedung Wijaya Kusuma Mako Lanal Dumai.

Danlanal Dumai menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Sdr. Afrizal dan Sdr. Misdi, “Ini merupakan salah satu indikator masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap TNI AL.

Coba dibayangkan apabila senjata tersebut jatuh ketangan orang yang salah, kemungkinan besar senjata tersebut bisa disalahgunakan. Untuk itu Lanal Dumai akan selalu senantiasa meningkatkan hubungan komunikasi yang baik kepada masyarakat, khususnya yang terkait dibidang keamanan laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir”, ujar Danlanal. (Dispen Koarmaada I)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *