KAL Pulau Siantan Bantu Evakuasi Kapal Kandas – Militer.or.id

Militer.or.id – KAL Pulau Siantan Bantu Evakuasi Kapal Kandas – Militer.or.id.

KAL Pulau Siantan berhasil memberikan pertolongan dan melaksanakan pemindahan muatan ikan dari KM. Sempurna Indah III untuk diamankan ke desa terdekat, kemudian diapungkan oleh penyelam lokal dengan bantuan kompresor.

Jakarta, Jakartagreater.com  –  KAL Pulau Siantan II-4-52 berhasil evakuasi korban kecelakaan laut yang menimpa KM. Sempurna Indah III kandas pada posisi 03° 02’ 391’’ U – 105° 57’ 582’’ T tepatnya disekitar Pulau Telaga Besa, beberapa hari yang lalu.

HARUS BACA :  Jerman Mendesak AS Verifikasi Peran Nuklir Pada Eurofighter

Komandan KAL Pulau Siantan II-4-52 Kapten Laut (P) Adi Poetra Parlindungan Sitanggang menyampaikan bahwa pada Minggu 21 Oktober 2018 pukul 06.00 WIB, menerima informasi dari Posal Mengkait telah terjadi laka laut terhadap kapal KM. Sempurna Indah III dan kandas pada posisi 03° 02’ 391’’ U – 105° 57’ 582’’ T.

HARUS BACA :  Tidak Ada Pesawat Tua, Tidak Ada Pesawa Rongsokan, Kenapa?

Selanjutnya KAL Pulau Siantan II-4-52 yang sedang melaksanakan Operasi Rakata Jaya-18 bergerak menuju lokasi kandasnya KM. Sempurna Indah III dan melaksanakan pertolongan dibantu nelayan dan penyelam setempat kemudian meminta keterangan dari Nahkoda KM. Sempurna Indah III, dan diperoleh data Nama Kapal KM. Sempurna Indah III, Nakoda Herman (40 Tahun), Alamat Tanjung Balai Karimun, Jumlah ABK 11 orang (termasuk nahkoda), Muatan Ikan tongkol dan Selayang ± 10 Ton.

HARUS BACA :  Tidak Ada Pesawat Tua, Tidak Ada Pesawa Rongsokan, Kenapa?

Kronologis kejadian berawal pada Minggu 21 Oktober 2018 saat kapal bertolak tujuan Tanjung Balai Karimun, namun dalam perjalanan sekitar pukul 03.00 WIB kapal menabrak karang pada posisi 03 00 00 U – 105 58 00 T.

Mengetahui kapal bermasalah kemudian Nahkoda membawa kapal mendekat menuju daratan dengan pertimbangan agar kapal tidak tenggelam dan dikandaskan di karang pada posisi 03 02 391 U – 105 57 582 T.

HARUS BACA :  Merplug Kapal Perang Prancis FNS Vendemiaire
HARUS BACA :  Wadan Satgas Indobatt Terima Kunjungan Delegasi FCSM

Selanjutnya Nahkoda Kapal menghubungi petugas untuk meminta bantuan agar dapat menyelamatkan Abk dan dokumen karena KM. Sempurna Indah III mengalami kebocoran dengan diameter sekitar 50 cm berbentuk bintang.

KAL Pulau Siantan berhasil memberikan pertolongan dan melaksanakan pemindahan muatan ikan dari KM. Sempurna Indah III untuk diamankan ke desa terdekat, kemudian diapungkan oleh penyelam lokal dengan bantuan kompresor untuk kemudian ditarik ke Tanjung Balai Karimun. (Dispen Koarmada I).

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here