Litbang Pembuatan Prototipe Manpads Tahap III Indonesia

Militer.or.id – Litbang Pembuatan Prototipe Manpads Tahap III Indonesia.

Ilustrasi: Manpads Rusia. (Ministry of Defence of the Russian Federation)

Jakarta, Militer.or.id  –  Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang pembuatan prototipe Manpads (Rudal permukaan-keudara) tahap III dengan tema “Melalui Litbang Manpads Kita Wujudkan Penguasaan Teknologi Rudal Guna Kemandirian Industri Pertahanan dalam memenuhi Alutsista TNI”.

Seminar ini dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta, dirilis situs Kemhan RI, 2-11-2018.

HARUS BACA :  Lockheed Tunjukkan Solusi Aegis Ashore Generasi Baru

Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Dislitbangau, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. LAPI ITB, LAPAN serta undangan.

Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Hendra Perdana Putra, M.T. dari PT. Pindad, Bapak Dr. Heri Budi Wibowo dari LAPAN, Bapak Dr. Rianto Adhy Sasongko dari PT. LAPI ITB dan Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan PNS Heriana, S.T., M.T. serta moderator Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Kolonel Kal Putro Sasono Nugroho.

HARUS BACA :  Alih Kodal Yonif M 643/WS dan Peresmian Yonif 645 Kodam Tanjungpura – Militer.or.id
HARUS BACA :  TNI AU Perpanjang Penempatan 3 Pesawat Tempur di Kupang

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa Litbang Manpads ini merupakan bagian dari kegiatan dan upaya peningkatan kemandirian Alutsista, untuk mengurangi ketergantungan dari luar negeri dan memberdayakan industri dalam negeri agar berpartisipasi untuk memproduksi Alutsista serta memenuhi kebutuhan Manpads untuk satuan TNI.

Didukung dengan tersedianya fasilitas prasarana dan kemampuan sumber daya manusia, Balitbang Kemhan bekerja sama dengan PT. Pindad melakukan penelitian dan pengembangan pembuatan prototipe Manpads. Lebih lanjut Kabalitbang menjelaskan, bahwa untuk menyikapi keterbatasan dengan tuntutan kemandirian Alutsista kita ditantang untuk melahirkan gagasan-gagasan kreatif.

HARUS BACA :  Rudal Anti-Tank Kornet Kini Berkemampuan Top Attack

Sejauhmana kemungkinan kemandirian Alutsista ini dapat dilaksanakan, adakah kemungkinan diterapkan. Selanjutnya saya harapkan sumbangsih gagasan dan pemikiran dari peserta sekalian terkait dengan pembuatan prototipe Manpads guna menyempurnakan konsep tersebut agar dapat diaplikasikan dengan baik.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih kepada pembicara, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara.

Kepada seluruh pendukung kegiatan dan panitia pelaksana seminar ini, kami ucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya hingga sampai pada tingkat pelaksanaan seminar hari ini.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Inggris Tanggapi Secara Proporsional Ancaman Rusia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here