TNI AD Pamer Peluncur Mortir 81 mm Otomatis, Mekatronik

Mekatronik, peluncur otomatis mortir 81 mm oleh Dislitbang TNI AD © Army Recognition

Militer.or.id – Di area stan pameran, TNI AD sedang menampilkan mortir 81 mm yang baru dengan dilengkapi autoloader. Peluncur mortir otomatis ini ditujukan untuk diangkut pada trailer beroda empat yang sangat ringan, menurut Army Recognition.

TNI AD dengan senang dan bangga memberikan penjelasan tentang peluncur mortir 81 mm barunya yang disebut Mekatronik. Sistem ini memiliki berat 825 kg. Ini dilengkapi autoloader hidraulik didukung oleh mesin 24 volt DC.

HARUS BACA :  TNI AL Lanjutkan Pengadaan Alutsista Tempur Marinir

Mekatronik ini dapat berputar360°, dengan sudut elevasi minimum 45° dan maksimum hingga 83°. Laju putaran tembakan adalah sekitar 5 amunisi per menit.

Mekatronik Mortir 81 mm bersanding dengan tank medium Harimau buatan Pindad © Army Recognition

Peluncur mortir otomatis yang sepenuhnya asli ini adalah hasil dari sebuah proyek yang diluncurkan pada tahun 2016 silam. Kemungkinan besar, trailer yang digunakan untuk menampilkan mortir sebagai transportasi darat bukanlah model sebenarnya yang akan dibeli oleh tentara, karena itu tidak dapat digunakan pada jalan offroad.

“Ini merupakan hasil kerjasama dengan peneliti dari Institute Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya”, ujar Kepala Laboratorium Dislitbang Batujajar, Letkol Cpl Simon P Kamlasi saat pemaparan di kantornya, di Batujajar, Bandung, Jawa Barat,

Laboratorium Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD mengembangkan Mekatronik Mortir 81 mm yang bisa ditempatkan di kendaraan tempur taktis, seperti Panser Anoa.

HARUS BACA :  Kombinasikan Rudal PL-15 dan PL-10, Siluman J-20 China Siap Saingi F-22
HARUS BACA :  Agar Lebih Hebat, Prajurit India Ingin Berlatih di Rusia

Pembuatan mekatronik mortir ini merupakan generasi kedua, dimana pada tahun 2015 pihaknya juga pernah membuat mekatronik mortir. Ini lebih baik dibandingkan generasi pertama, ujar Simon.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Satgas Kesehatan TNI Evakuasi Pasien ke RSUD di Asmat