Mohamad Sabu Ingin Ada Kerja Sama Alutsista di ASEAN

0
351

Mat Sabu (Malay Mail)
Mat Sabu (Malay Mail)

Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengaku terkesan oleh pameran Indo Defence 2018 lalu. Sabu berharap kerja sama pertahanan antara RI dengan Malaysia bisa terus berkembang.

“Saya datang pas Indo Defence. Saya memang tertarik hati melihat perkembangan pertahanan di Indonesia, dan Malaysia juga punya industri pertahanan. Perlu ada kedua-duanya bekerja sama,” kata Sabu, sebagaimana dilansir dari laman Detik (15/ 11).

Sabu mengungkapkan kerja sama pertahanan ini merupakan salah satu buah dari pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Dia menambahkan pentingnya desain khusus alutsista untuk mempersenjatai militer suatu negara.

HARUS BACA :  70% Bahan Baku Alutsista RI Masih Impor

“Kadang-kadang pertahanan kita boleh buat sesuatu, tapi untuk tentara kita pakai, selebihnya nggak dipasarkan. Itu perbincangan antara dua hal di ASEAN perlu diperbincangkan,” ujarnya.

Dia berharap negara-negara ASEAN juga bisa mandiri dan tak perlu mengimpor alutsista dari negara Barat. Sabu ingin ke depan ada kerja sama alutsista antarnegara di ASEAN.

“Kita tidak mau negara menjadi pengimpor semata-mata kalau kita boleh buat sendiri kapal-kapal ronda (patroli), kapal perang, dan sebagainya. Bukan kita mau perang, tapi dibuat bentuk ronda boleh dibuat Indonesia atau Malaysia. So ini kerja sama pemerintahan, daripada kita beli di negara luar, kalau ada pertukaran uang pun cuma di kalangan negara ASEAN,” harapnya.

HARUS BACA :  PN Accepts 2 Japanese TC-90 Aircraft

Editor: ()

GLOBALMiliter

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here