Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jangan Remehkan J-15 China, Si Hiu Terbang

Jet tempur J-15 Flying Shark Angkatan Laut China © www.news.cn

Militer.or.id – Sejak memasuki di atas kapal induk pertama China, Liaoning di tahun 2012, pesawat tempur superioritas udara J-15 Flying Shark sering dikritik karena kemampuannya yang sangat terbatas, seperti dilansir dari laman The Diplomat.

Jet tempur kelas berat yang dikombinasikan dengan lemahnya sistem uap atau sistem katapel elektromagnetik (EMALS) di kapal induk Liaoning mengakibatkan J-15 ini benar-benar dibatasi dalam kemampuan angkut bahan bakar dan muatan senjata. J-15 hanya dapat menggotong sebagian kecil rudal dibandingkan jet tempur Angkatan Laut AS.

J-15 juga memiliki kekurang dalam hal kemampuan menghindari radar, saat Angkatan Laut AS dan Inggris sedang mempersiapkan untuk melantik jet tempur siuman berbasis kapal induk pertama mereka, varian F-35B dan F-35C, memberi alasan tambahan untuk mengkritik potensi J-15.

Jet tempur F-35B mendarat di geladak kapal induk

Mungkin yang paling signifikan adalah 3 kecelakaan yang melibatkan jet tempur J-15 dalam setengah dekade pertama layanan mereka dan dikutip oleh banyak analis sebagai bukti bahwa China masih jauh dari mampu untuk menjadi operator utama kapal induk pada masa depan, setidaknya sampai Flying Shark itu digantikan oleh pesawat tempur yang lebih ringan dan lebih andal.

Meskipun mendapatkan banyak kritikan, Flying Shark telah melewati dan kemampuan mengecewakan dari jet yang saat ini bekerja di kapal induk Liaoning, analisis yang lebih dalam tentang potensi airframe terutama ketika dikerahkan dari kapal induk yang lebih modern saat ini sedang dibangun, menunjukkan bahwa jet tempur China itu juga bisa muncul sebagai salah satu jet tempur berbasis kapal induk terkemuka di dunia dalam waktu dekat.

J-15 ini dikembangkan sebagai varian berbasis kapal induk dari jet tempur superioritas J-11B Angkatan Udara PLA dan airframe serta perannya hampir identik dengan jet-jet berbasis kapal induk Rusia, yakni Su-33 yang memasuki layanan pada tahun 1990-an dan mereka sendiri dikembangkan sebagai varian kapal induk dari Su-27.

Jet tempur Su-33 lepas landas dari kapal induk Admiral Kuznetsov

Memang, akses kepada purwarupa Su-33 diperoleh dari Ukraina sangat penting untuk memungkinkan Shenyang Aircraft Corporation untuk mengembangkan J-15 tersebut dari airframe pesawat berbasis darat. Bentuk Su-33, sangat mirip dengan J-15, kurang cocok untuk operasi dari kapal induk kelas Admiral Kuznetsov.

Jet tempur Angkatan Laut Rusia juga menghadapi permasalahan yang sama dengan J-15 mengenai pembatasan bahan bakar dan payload senjata. Su-33, bagaimanapun, tidak pernah dikonsepkan sejak awal untuk dioperasikan dari kapal induk tersebut, dan lebih dimaksudkan untuk beroperasi terutama dari dek supercarriers kelas Ulyanovsk Soviet yang sebanding dengan kelas Nimitz AS.

Ketika beroperasi dari kapal-kapal seperti itu, Su-33 akan menyediakan Angkatan Laut Soviet (dan kemudian Rusia) dengan analog ke F-14 Tomcat AS, jet tempur mematikan bermesin ganda yang mampu mendominasi langit dan menantang superioritas udara di lautan.

Jet tempur F-14 Tomcat bersiap untuk mendarat di kapal induk USS John F. Kennedy © US Navy via Wikimedia Commons

Dengan airframe J-15 yang seperti Su-33, memiliki potensi yang sangat tinggi ketika beroperasi dari kapal induk yang lebih cocok. Penting untuk mempertimbangkan bahwa Liaoning terutama sebagai kapal induk pelatihan, dan sebagai hasilnya peran jet tempur J-15 yang saat ini dalam pelayanan adalah menyediakan Angkatan Laut PLA dengan pengalaman pertama mereka menjalankan pertempuran dari jet tempur berbasis kapal induk.

Kapal induk masa depan seperti Tipe 003 saat ini sedang dibangun, akan memiliki dek yang jauh lebih besar yang mampu meluncurkan beberapa pesawat secara bersamaan dan, yang paling penting adalah akan dilengkapi sistem katapel elektromagnetik yang memungkinkan J-15 untuk diluncurkan dengan bahan bakar dan muatan rudal penuh.

Si Hiu Terbang pun telah diamati oleh satelit selama beberapa tahun ini menguji lepas landas berbasis simulasi kondisi kapal induk dilengkapi EMALS, kekuatan pengganda untuk kemampuan pesawat tempur. Hal ini sangat mungkin membuat J-15 menjadi jet tempur berbasis kapal induk dengan jangkauan terjauh dan persenjataan terngkap di dunia dengan ketinggian operasional 4 kilometer lebih tinggi dari jet tempur F-18E dan F-35 milik Angkatan Laut AS yang jauh lebih ringan, artinya J-15 memiliki kecepatan dan jangkauan yang jauh lebih luas secara signifikan.

Kapal Induk Liaoning China

Sementara J-15 dikritik karena terlalu berat untuk beroperasi dari dek kapal induk saat ini, namun pada kapal induk yang lebih besar dan dilengkapi dengan sistem EMALS ini tidak akan menjadi masalah. Memang, F-14 Tomcat yang dioperasikan oleh Angkatan Laut AS jauh lebih berat meskipun mengandalkan sistem catapel uap yang kurang kuat dan masih dianggap sebagai salah satu jet tempur berbasis kapal induk paling sukses yang pernah dikembangkan.

Mengenai klaim bahwa J-15 Shenyang tak dapat diandalkan karena jumlah kecelakaan yang dideritanya, maka penting untuk mengenali keduanya bahwa China tidak memiliki pengalaman apa pun dalam mengoperasikan jet tempur berbasis kapal induk, membuat beberapa kecelakaan tidak dapat dihindari.

Salah satu contoh kunci adalah F-14, yang melihat jumlah kehilangan yang luar biasa terhadap kecelakaan, mendekati 40 jet dalam kurun waktu setengah dekade pertama layanannya saja. Dari 712 unit F-14 Tomcat berbasis kapal induk yang diproduksi, lebih dari 160 musnah akibat kecelakaan, dan 28 persen dari semua kecelakaan disebabkan oleh masalah mesin.

Dinilai berdasarkan standar J-15 China, maka F-14 AS bahkan telah gagal berkali-kali, yang kemudian menjadi salah satu jet paling sukses dari Perang Dingin dan komponen kunci dalam memastikan keunggulan laut biru Amerika yang tak perlu dipertanyakan lagi sampai runtuhnya Uni Soviet. Potensi J-15 Flying Shark dengan demikian tidak dapat diberhentikan sebagai akibat dari catatan keamanannya.

Varian peperangan elektronika khusus dari jet tempur J-15 juga dikonfirmasi sedang dalam pengembangan untuk melengkapi kemampuan varian konvensional. Dengan upgrade diterapkan pada airframe superioritas udara yang tangguh dan dengan pejuang yang mampu lepas landas dengan muatan penuh menggunakan EMALS, maka J-15 bisa muncul sebagai petarung berbasis kapal induk terkemuka di dunia.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *