Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

NATO Kritik Rencana Pembentukan Pasukan Eropa

Sputnik

Pejabat NATO mengingatkan rencana sejumlah negara untuk membangun Pasukan Eropa sebagai langkah yang tidak bijaksana. Akan lebih baik jika mereka memperkuat aliansi yang jelas-jelas sudah terbukti.

Dalam sebuah wawancara di Forum Keamanan Internasional Halifax,  ketua Komite Militer NATO, Marsekal Sir Stuart Peach dari Angkatan Laut Inggris menyebut NATO sebagai satu kesatuan kekuatan, dengan jaringan perintah dan komando dan proses perencanaan yang unik.

“Itu tidak berdasarkan retorika. Ini adalah perencanaan nyata berdasarkan data nyata, ”kata Peach. “Oleh karena itu, mengapa Anda ingin menduplikasi atau mereplikasi kekuatan dari aliansi yang ada.”

Komentar itu muncul setelah Merkel pada hari Selasa melontarkan gagasan “Pasukan Eropa yang nyata dan benar,”. Ucapan itu secara menggemakan pernyataan Presiden Prancis Emanuel Macron seminggu sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan Eropa 1 dan dikutip Defense News.

Presiden AS Donald Trump menyebut komentar Macron “sangat menghina” dalam serentetan posting Twitter ketika keduanya mengadakan pertemuan minggu lalu di Paris.

Trump sendiri telah membuat hubungan tegang dengan beberapa sekutu terdekat Amerika dengan menekan sekutu NATO untuk tidak terlalu bergantung pada Amerika dan mendedikasikan anggaran yang lebih besar untuk sektor pertahanan.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyinggung usulan pembangukan Pasukan Eropa pada konferensi NATO di Berlin dengan mengatakan dia menyambut, “Upaya Uni Eropa meningkatkan pertahanan, karena saya pikir itu benar-benar dapat membantu memperkuat NATO.”

Namun Stoltenberg tetap mengatakan rencana itu sebagai langkah yang tidak bijaksana. Militer sekutu Eropa, menurutnya tetap dapat bertindak tanpa Amerika selama mereka menggunakan struktur komando NATO.

“Ini bukan keputusan yang bijaksana oleh semua negara yang menjadi anggota NATO dan Uni Eropa untuk mulai memiliki dua set struktur komando, atau menduplikasi apa yang NATO lakukan,” kata Stoltenberg.

Pada hari Jumat 16 November 2018, Peach mengacu pada pernyataan Stoltenberg, mengatakan, “Tentu saja, sebagai ketua komite militer, saya setuju dengan [Stoltenberg]. Tidak bijaksana untuk menduplikasi. ”

Peach menekankan bahwa NATO memiliki “seperangkat kekuatan dan dalam proses kami, kekuatan itu dilatih, dan dijamin dan disertifikasi oleh NATO.”

Pada konferensi tersebut, Peach memiliki pesan yang lebih luas bahwa a29 anggota aliansi tetap berkomitmen.

“Sepanjang sejarah aliansi ada pergumulan tak terelakkan tentang bagaimana untuk maju,” kata Peach. “Tapi selama sebagai aliansi militer, kami telah menyesuaikan struktur komando dan kontrol kami, menanggapi tantangan baru, merangkul anggota baru dan terus beradaptasi dengan jenis peperangan baru dan ancaman baru.”

Secara terpisah, Finlandia dan Norwegia bermaksud untuk meluncurkan diskusi diplomatik dengan Moskow mengenai dugaan gangguan sinyal GPS oleh militer Rusia, yang tumpang tindih dengan latihan Trident Trident NATO beberapa waktu lalu.

Peach pada hari Jumat tidak akan mengkonfirmasi gangguan yang terjadi, tetapi dia menegaskan prinsip kebebasan navigasi sangat, sangat penting, baik untuk NATO dan komunitas Internasional.

“Kebebasan navigasi bukan hanya kebebasan navigasi di laut, jadi kita perlu menganalisis klaim dengan data. Dan apa pun yang mengganggu kebebasan navigasi penting untuk dilaporkan, “katanya.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *