Kejar Rusia, Angkatan Laut AS Kembangkan Rudal Hipersonik

Kejar Rusia, Angkatan Laut AS Kembangkan Rudal Hipersonik

Peluncuran rudal jelajah hipersonik Avangard buatan Rusia © Kemenhan Rusia via Youtube

Wakil Angkatan Laut AS, Laksamana Johnny Wolfe, mengatakan bahwa Angkatan Laut sedang mengembangkan senjata hipersonik yang dapat diluncurkan dari bawah air untuk digunakan dalam program Prompt Global Strike. Hal itu dilakukan untuk mengejar kemampuan misil canggih Rusia.

Senjata itu dikembangkan dalam Program Sistem Strategis Angkatan Laut AS (Strategic Systems Program/ SSP), yang biasanya bertugas mengembangkan senjata nuklir.

Berbicara di Simposium Tahunan Angkatan Laut pada awal bulan ini, Wolfe menjelaskan bahwa AS bertujuan agar dapat mencapai target apa pun di seluruh dunia pada saat tertentu dalam rentang waktu satu jam. Untuk melakukannya, mereka membutuhkan senjata hipersonik dengan booster yang dapat diluncurkan dari platform apa pun.

Dan dengan “setiap” mereka berarti mereka tidak benar-benar tahu dari mana mereka akan meluncurkannya. Kemungkinan varian senjata termasuk jenis diluncurkan dari kapal permukaan dan kapal selam. Oleh karena itu, tim pengembangan menggunakan persyaratan yang paling ketat: peluncuran bawah laut dari kapal selam.

“Dari perspektif Angkatan Laut, kami mengembangkan booster yang membuat rudal hipersonik dapat terus berjalan, dan kami melakukannya dengan sedemikian rupa sehingga mengambil persyaratan yang paling ketat – yang merupakan peluncuran bawah air – dan seperti kami mengembangkannya, kami akan melakukannya sedemikian rupa sehingga Angkatan Laut yang lebih besar datang melalui platform atau platform apa yang benar-benar mereka inginkan untuk menyebarkan ini, peluncur dan badan rudal dapat bertahan hidup dari lingkungan tersebut,” kata Wolfe.

Menurut laksamana, misil masa depan tidak hanya akan digunakan oleh Angkatan Laut, tetapi juga oleh semua cabang militer lainnya.

Wolfe juga mengumumkan bahwa SSP telah menerima perintah untuk mengembangkan senjata nuklir taktis untuk mengejar sistem rudal canggih Rusia yang baru-baru ini diumumkan.

“Senjata nuklir” hasil rendah “akan menjadi penghadangan langsung terhadap apa yang diyakini Rusia sebagai milik mereka saat ini yang tidak kami miliki,” kata Wolfe. “Kami akan memiliki kemampuan itu dalam respon langsung ke Rusia.”

Menurut laksamana, SSP hanya akan menggunakan kembali program nuklir W76 yang lama dari tahun 1970-an. Alasan mengapa Washington memutuskan untuk meledakkan debu dari penemuan kuno seperti itu adalah bahwa AS dilarang menguji senjata nuklir baru, dan sebagian besar komponen untuk W76 sudah diuji sebelum larangan internasional.

“Kami baru saja menguji semua yang perlu kami uji pada satu titik atau lainnya untuk program itu (W76), yang memberi kami keyakinan bahwa ketika kami melakukan ini, sistem akan bekerja,” kata Wolfe. “Kami tidak perlu melakukan tes dengan ini; kami memiliki semua model yang tepat dari semua tahun beroperasi 76 dan 76-1, yang kami gunakan sekarang.”

“Kami yakin 100% bahwa ketika kami menempatkan mereka di luar sana, mereka akan bekerja seperti yang dirancang,” tambahnya.

Namun, masalah yang dihadapi militer AS bukanlah hulu ledak, namun rudal pengangkut. Rudal Trident D5 yang lama tidak lagi diproduksi, dan sejak AS secara berkala menguji D5 untuk memeriksa apakah mereka masih dapat diandalkan, cepat atau lambat mereka akan kehabisan rudal.

Untuk mengatasi situasi ini, SSP harus mengembangkan rudal baru, dijuluki Trident D5 LE2, yang harus diselipkan ke dalam parameter ukuran lama. Akibatnya, mesin harus tetap sama dengan yang lama. Yang dapat diubah oleh sebagian besar insinyur adalah elektronik.

Sumber: Sputnik

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *