Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jepang Ingin Ubah Kapal Destroyer Helikopter Jadi Kapal Induk

Kapal induk helikopter Izumo Angkatan Laut Jepang (JMSDF). © Japan MoD via Wikimedia Commons

Jepang sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan pengangkut helikopternya sehingga dapat mengangkut dan meluncurkan jet tempur. Sumber pemerintah mengatakan pada Selasa bahwa kebijakan itu berorientasi pada pertahanan negara.

Pemerintah Jepang mencari cara untuk meningkatkan Izumo, perusak permukaan yang saat ini menampung helikopter, karena memiliki kapal induk diperlukan dalam menghadapi keteguhan maritim Cina.

Tokyo juga ingin meningkatkan kemampuan pertahanan udara di Samudera Pasifik di mana Jepang tidak memiliki basis.

Pemerintah berencana untuk merevisi Pedoman Program Pertahanan Nasional pada bulan Desember.

Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya memberikan kesan positif terhadap ide meningkatkan Izumo sebagai kapal induk. Dalam konferensi pers, Ia mengatakan, “Sangat diharapkan itu akan digunakan untuk sebanyak mungkin tujuan.”

Adapun kemungkinan operasi jet tempur siluman F-35B dari kapal induk, Iwaya mengatakan, “sebuah studi sedang berlangsung.”

Kapal induk kelas Izumo Pasukan Bela Diri Angkatan Laut Jepang memiliki panjang 248 meter dan dapat mengangkut hingga 14 helikopter. Mereka adalah kapal angkatan laut terbesar pascaperang Jepang.

Di bawah Konstitusi pasifis Jepang, pemerintah telah menyatakan bahwa mereka tidak dapat memiliki “kapal induk serangan” karena mereka berada di antara apa yang dapat dianggap sebagai senjata ofensif yang melebihi apa yang diperlukan untuk pertahanan diri.

Pada bulan Mei, Partai Demokrat Liberal yang berkuasa mendesak pemerintah untuk memperkenalkan “kapal induk multiguna” yang dapat berfungsi sebagai pangkalan untuk misi pertahanan udara dan operasi penyelamatan bencana.

Karena penyebutan apa pun dari operasi kapal induk dapat menandakan pergeseran dari fokus pertahanannya saat ini, pemerintah mempertimbangkan pilihan untuk tidak memasukkannya dalam pedoman pembangunan pertahanan baru, kata sumber itu.

Tetapi pemerintah telah condong ke arah masalah dalam pedoman untuk menunjukkan komitmennya terhadap penguatan kemampuan pertahanan negara.

Pemerintah diharapkan untuk membuat rincian dengan pihak yang berkuasa.

Jepang menyusun pedoman target kemampuan pertahanannya selama rentang 10 tahun. Panduan yang ada diperbarui pada tahun 2013, tetapi Perdana Menteri Shinzo Abe telah memerintahkan peninjauan kembali kebijakan tersebut dalam menghadapi program pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara yang maju pesat.

Pengeluaran pertahanan Jepang juga telah meningkat di bawah pemerintahan Abe, yang menganggap lingkungan keamanan yang dihadapi negara ini sangat parah.

Sumber: Japan Today

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *