Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Latihan Marinir Serbu dari Langit Kuasai Pulau Sabang Aceh

 1 Team Fastrope menggunakan Helly Bell membantu melaksanakan penyeleasaian sasaran dan pembebasan sandera di gedung BPK. 

Sabang Aceh, Militer.or.id   –   Pasukan khusus TNI AL dari Intai Amfibi (Taifib) Marinir berhasil menguasai dan merebut kembali obyek-obyek vital  pada Sabtu 1-12-2018 di Pulau Sabang, Aceh yang sebelumnya dikuasai teroris. Pasukan khusus Taifib Marinir TNI AL melakukan serbuan kilat melalui beberapa media yang tak terduga oleh puluhan teroris yang bersenjata lengkap.

Seluruh Tim menyerbu dari langit, 2 Tim menggunakan Helikopter dengan Tehnik Terjun Tempur (Junpur) menuju ke sasaran masing-masing dengan Long Range Navigation (LRN) kemudian melaksanakan infiltrasi dan serbuan kilat serta pembebasan sandera di objek vital yang sementara dikuasai musuh.

Selanjutnya 1 Team Fastrope menggunakan Helly Bell membantu melaksanakan penyeleasaian sasaran dan pembebasan sandera di gedung BPKS Semua serbuan pasukan khusus dengan perlengkapan dan persenjataan khusus anti teror ini dilaksanakan dalam hitungan menit. Para teroris yang terdadak sebagian melakukan perlawanan namun segera dapat dilumpuhkan, sedangkan sebagian lagi menyerahkan diri.

Demikian sekelumit skenario Latihan Fungsi Taifib Tahun 2018 yang dilaksanakan prajurit Taifib Marinir di area objek vital Kota Sabang Aceh. Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, yang menyaksikan langsung jalannya latihan para prajuritnya menyatakan, Latihan fungsi Taifib Tahun 2018 di pulau terluar Sabang dimaksudkan agar prajurit Marinir dapat mengetahui betul karakteristik seluruh wilayah Indonesia.

“Latihan ini merupakan pembekalan kepada prajurit Taifib agar mereka mengetahui persis karakteristik wilayah Indonesia, coverage area penugasan Marinir dari Sabang sampai Merauke, serta critical-critical point yang harus mereka jaga dan amankan sebagai prajurit Laut ,” ujar Danpasmar 1.

Lebih lanjut, Danpasmar 1 mengatakan, latihan pasukan Taifib Korps Marinir TNI AL ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kesiapan mental, fisik dan kemampuan, keterampilan taktis, teknis operasi khusus Intai Amfibi serta tercapainya kwalitas kepemimpinan lapangan para komandan satuan mulai dari tingkat tim sampai dengam kompi dalam pelaksanaan tugas operasi sesuai perintah satuan atas.

Meteri latihan terdiri dari teknik dan taktik aspek kelautan, aspek darat, aspek udara, latihan combain, intelijen, taktik pembebasan sandera, demolisi dan Jihandak, penyelamatan pertolongan serta evakuasi, eksfiltrasi, prosedur pimpinan pasukan. Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Sabang, Muspika Kota Sabang serta para pejabat utama Pasmar 1. (Dispen Kormar).

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *