F-16 A / B Taiwan (foto : Common Wikipedia)

Taiwan baru saja menerima empat pesawat tempur F-16A / B Blok 20 yang diperbaharui menjadi standar Viper dari fasilitas Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC) di Taiwan.

Di bawah Project Rising Phoenix, Taiwan sedang memperbarui 144 unit F-16A / B menjadi setara Viper dengan radar AESA Northrop Grumman AN / APG-83, komputer misi baru, sistem navigasi inersia tertanam / Global Positioning System dan perangkat peperangan elektronik ALQ Terma -213 (V).

Namun ternyata ada satu masalah yang mengagetkan Angkatan Udara Taiwan dan penasehat teknisi asal Amerika Serikat, mereka tanpa sengaja menemukan ada beberapa bagian F-16 yang berkarat.

Empat pesawat tempur F-16V mengalami banyak korosi logam yang tidak biasa, sehingga Amerika Serikat dan Taiwan merasa “sangat terkejut”.

Karat ditemukan di bagian rangka pesawat, pangkal sayap, dan beberapa bagian pipa pesawat.

Hal ini terjadi mungkin karena Amerika Serikat tidak memperhitungkan iklim lembab dan udara dengan kadar garam yang tinggi di Taiwan.

Taiwan kabarnya akan mengeluarkan biaya sekitar 14 milyar rupiah untuk pelapisan anti-karat sehingga keempat F-16V akan diterima pada akhir tahun ini.

HK01

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here