Dekati Perairan Rusia, Kapal Perang Amerika Dihalau Rusia

Dekati Perairan Rusia, Kapal Perang Amerika Dihalau Rusia
USS McCampbell/Navy Mil

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jendral Igor Konashenkov mengatakan, kapal destroyer Kelas Arleig Burke, USS McCampbell Angkatan Laut Amerika berlayar kurang dari 100 kilometer dari perairan Rusia. Untuk menanggapinya Armada Pasifik Rusia mengirimkan kapal perang Admiral Tributs.

“Kenyataannya kapal tempur USS McCampbell bahkan tidak mendekati wilayah Rusia lebih dari 100 kilometer, terlebih lagi, selama perjalanan melalui perairan internasional, kapal tempur Amerika bergerak di bawah pengawasan kapal besar anti-kapal selam  Rusia Admiral Tributs,” kata Konashenkov, seperti dilansir dari Sputnik, Kamis 6 Desember 2018.

Ia mengatakan Armada Pasifik sudah mengambil tindakan untuk mengendalikan gerakan kapal tempur Amerika tersebut. Begitu juga dengan pergerakan beberapa kapal perang di wilayah tersebut.

“Satu-satunya yang ditunjukan kru kapal tempur Amerika adalah  mencoba untuk lari dalam kecepatan maksimal untuk menghindari pengawalan Armada Pasifik,” tambah Konashenkov.

Konashenkov mengatakan, kini kru dari McCampbell sudah menjauh sekitar 400 kilometer dari wilayah Rusia yang masih masuk dalam bagian Laut Jepang.

Juru bicara Angkatan Laut Amerika Rachel McMarr mengatakan USS McCampbell memasuki Laut Jepang di sekitar Peter the Great Bay untuk menantang klaim maritim Rusia di sana.

Operasi ini dilakukan ketika hubungan Amerika dan Rusia sedang menegang. Terutama setelah amerika menuduh Rusia melanggar perjanjian  Intermediate Range Nuclear Forces atau INF yang menyebabkan Washington ingin menarik diri dari perjanjian itu.

Seperti dilansir dari NBC News, pada 5 Desember lalu Angkatan Laut Amerika mengatakan mereka mengirim kapal tempur McCampbell yang berada di Pangkalan Militer Angkatan Laut Amerika di Yokosuka di Jepang.

Mereka ingin menantang klaim Rusia yang berlebih di sana dan menjunjung kebebasan, hak dan hukum yang berlaku di laut tersebut untuk bisa dinikmati Amerika dan negara-negara lain.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *