Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pembelian Sukhoi Su-35 Disebut Menguntungkan Indonesia

23 Juni 2017

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Sputnik)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu, menyebut pembelian Sukhoi SU 35 menguntungkan Indonesia. Sebab ada kerja sama berkelanjutan antara negara produsen Rusia dengan pemerintah Indonesia.

“Karena ada imbal dagangnya 50 persen. Kita bisa ekspor,” kata Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis 22 Juni 2017.

Perjanjian antara Indonesia dan Rusia itu meliputi pembangunan pabrik suku cadang pesawat tempur di Tanah Air. Nantinya di Indonesia akan tersedia suku cadang hingga pusat perbaikan Sukhoi.

Jumlah Pesawat

Namun Menhan menolak menjelaskan detail kerja sama termasuk 50 persen imbal dagang mengingat hal tersebut, kata dia, masuk ranah Kementerian Perdagangan (Kemendag). Yang jelas, Ryamizard akan berusaha mendatangkan 10 lebih pesawat tempur Sukhoi ke Tanah Air.

“Kemarin kan dananya untuk 8 pesawat, saya akan coba bisa 10. Kalau bisa 11 (pesawat Sukhoi),” kata Ryamizard.

Disinggung mengenai waktu kedatangan pesawat, Mantan KASAD itu meminta semua pihak sabar. Karena proses mendatangkan pesawat terbilang rumit, apalagi yang baru. “Ya dibuat dulu, kan kita enggak beli bekas,” pungkasnya.

(MetroTVNews)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *