Amerika Serikat Siap Gelar Latihan Militer Bersama TNI

Amerika Serikat Siap Gelar Latihan Militer Bersama TNI

Militer.or.id – Amerika Serikat Siap Gelar Latihan Militer Bersama TNI.

Rabu, 12 April 2017, Angkatan Darat Indonesia dan Amerika Serikat berencana memulai latihan bersama penggunaan helikopter Apache tahun ini. Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan, mengatakan latihan ini dilakukan sebagai komitmen penguatan kerja sama militer antar kedua negara.

“Militer kedua negara akan mulai latihan bersama helikopter Apache yang baru saja dibeli Indonesia dari salah satu industri AS,” tutur Donovan.

Meski tak menjelaskan kapan waktu pastinya, Donovan memaparkan, latihan tersebut merupakan bagian dari latihan gabungan militer kedua negara yang telah berjalan sejak 2009, dikenal dengan misi Garuda Shield. Garuda Shield merupakan latihan bersama militer AS-Indonesia yang dilakukan selama dua minggu dengan tujuan meningkatkan kemampuan perang angkatan darat kedua negara.

Tak hanya kapabilitas perang, Donovan menuturkan, latihan bersama ini juga penting dilakukan untuk memperkuat koordinasi militer kedua negara, dalam menghadapi tak hanya ancaman militer saja, tapi juga bencana alam di kawasan. Selain Garuda Shield, Donovan mengtakan, sudah lebih dari 200 latihan gabungan dilakukan militer Indonesia-AS. Salah satunya yakni latihan Cope West yang dilangsungkan di Manado pada November 2016 lalu.

Photo : Apache Angkatan Darat Amerika Serikat tiba di Indonesia, 20 Agustus 2017. (defence.pk)

Sumber : KR Jogja

FROM INDONESIAMiliterMiliter IndonesiaTNI AD
author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *