Vetnam Serukan Persatuan Kuat Asean di Tengah Ketegangan LCS

Militer.or.id – Vetnam Serukan Persatuan Kuat Asean di Tengah Ketegangan LCS.

Konferensi Pers Presiden Joko Widodo dan Sekretaris Jenderal Partai Republik Sosialis Vietnam Nguyen Phu Trong, Jakarta, 23/8/2017. (Sekretariat Negara)

Hanoi – Pemimpin yang paling berkuasa Vietnam menyerukan persatuan yang lebih kuat di antara negara-negara Asia Tenggara untuk menantang klaim wilayah China di Laut China Selatan.

Dalam kunjungan pertama kepala partai komunis Vietnam ke Indonesia, Nguyen Phu Trong mengatakan dalam sambutan yang disiarkan televisi pada Rabu 24-8-2017 di negaranya, bahwa Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) perlu dipersatukan dalam menyelesaikan perselisihan wilayah.

“Jangan sampai ASEAN menjadi tempat permainan kartu untuk persaingan di antara negara besar,” ujar Trong, tanpa memastikan apa maksudnya.

HARUS BACA :  Le Monde: Arab Saudi Akan Serang Qatar Kalau Beli S-400

Vietnam muncul sebagai lawan paling lantang pada klaim China di Laut China Selatan, tempat lebih dari 3 triliun muatan dikirim setiap tahun.

Terlepas dari kekesalan China, Vietnam mengadakan pertemuan ASEAN bulan ini untuk sebuah komunike yang mencatat kekhawatiran tentang pembangunan pulau dan mengkritik militerisasi di Laut China Selatan.

Tekanan China memaksa Vietnam untuk menghentikan pengeboran minyak bulan lalu di blok minyak Vietnam yang diklaim China. Beijing juga marah dengan perkembangan hubungan pertahanan Vietnam dengan Amerika Serikat, Jepang dan India.

HARUS BACA :  Tabrakan F/A-18 Hornet dengan KC-130 Hercules AS

Beberapa negara Asia Tenggara mewaspadai kemungkinan dampak dari menentang Beijing akibat mengambil posisi lebih kuat di Laut China Selatan.

HARUS BACA :  Presiden Duterte: Tak Ada Guna Beli F-16 AS

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, sementara Taiwan, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Brunei mengklaim sejumlah bagian dari laut itu, yang menguasai jalur strategis dan mempunyai lahan perikanan yang kaya serta deposit minyak dan gas bumi yang besar.

China menguasai penuh Paracels pada 1974 sesudah bentrok laut dengan Vietnam. Adapun pulau Woody disebut China sebagai kota Sansha, pusat pemerintahannya untuk Laut Cina Selatan.

Kendati China menyebutnya kota, jumlah penduduk Sansha tidak lebih dari beberapa ribu orang dan banyak pulau serta terumbu bersengketa di laut tersebut tidak berpenghuni.

Setelah ke Indonesia, Trong akan berkunjung ke Myanmar.

HARUS BACA :  Rusia Blokir Penjualan Sistem Rudal Bal-E ke Azerbaijan

Sebelumnya, pertemuan yang dijadwalkan antara Menteri Luar Negeri China dengan Vietnam di sela-sela pertemuan ASEAN, dibatalkan, ujar pejabat kedutaan besar China, di tengah peningkatan ketegangan kedua negara itu di Laut Cina Selatan.

Pejabat kedutaan China itu tidak memberikan alasan pembatalan pertemuan tersebut, yang dijadwalkan pada Senin 21-8-2017 di Manila antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dengan timpalannya, Pham Binh Minh dari Vietnam.

Pejabat kementerian luar negeri China mengatakan mereka “sudah bertemu”. Kementerian luar negeri Vietnam belum menanggapi saat dimintai komentar.

HARUS BACA :  Putin Minta S-500 Disiapkan untuk Produksi Massal

Beijing peka terhadap rujukan terselubung ASEAN sehubungan pengurukan di tujuh terumbu karang dan sarana militernya di Laut Cina Selatan, yang mengklaim hampir seluruh wilayah di perairan tersebut meski juga ada klaim dari 5 negara lain. Antara/Reuters, 24-8-2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here