Jasad Seluruh Pelaut AS Korban Tabrakan Kapal Perang Ditemukan

Militer.or.id – Jasad Seluruh Pelaut AS Korban Tabrakan Kapal Perang Ditemukan.

USS JOHN S. McCAIN (Abcnews) 1
USS JOHN S. McCAIN setelah mendapat musibah tabrakan dengan kapal niaga. (ABC News)

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pada hari Senin (28/8/2017) mengonfirmasi penemuan seluruh jasad pelaut AS korban tabrakan kapal perang USS John S McCain dengan kapal niaga di kawasan Selat Malaka. Jasad-jasad yang ditemukan merupakan bagian dari sepuluh pelaut yang hilang dalam kecelakaan.

HARUS BACA :  Pindad Akan Produksi 100 ‘Medium Tank’ Pesanan Kemenhan

Kapal USS John S McCain yang dipersenjatai rudal bertabrakan dengan kapal tanker MC Alnic di timur selat Malaka minggu lalu. Insiden terjadi saat kapal perang jenis perusak itu hendak menuju Singapura untuk transit rutin.

”Penyelidik dan angkatan laut AS sekarang telah menemukan sisa-sisa dari sepuluh pelaut (kapal) USS John S McCain,” kata Armada Ketujuh Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan di situsnya.

HARUS BACA :  Jelang Pertemuan IMF dan WB 2018, TNI AL Lakukan Latihan

Pada Kamis pekan lalu, militer Washington menangguhkan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) setelah menemukan dan mengidentifikasi jasad seorang pelaut.

HARUS BACA :  Panglima TNI Terima Dirut PT Dirgantara Indonesia

Tabrakan itu membuat kapal perang AS rusak parah, di mana bagian lambung kapal penyok dan mengalami kebanjiran. Kapal itu telah ditambatkan di Pangkalan Angkatan Laut Changi, Singapura.

”Insiden tersebut sedang diselidiki untuk mengetahui fakta dan kondisi tabrakan,” imbuh Armadan Ketujuh Angkatan Laut AS, seperti dikutip Reuters.

Pesawat terbang, penyelam dan kapal dari Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan AS bergabung dalam operasi SAR untuk pelaut-pelaut Washington yang hilang. Operasi SAR dilakukan di area seluas sekitar 5.500 km persegi. (2.124 mil persegi) di sekitar lokasi kecelakaan.

HARUS BACA :  Presiden Duterte Ingin Beli Helikopter dari Korea Selatan

Penyebab tabrakan belum diketahui. Namun para pakar keamanan siber menduga kecelakaan itu kemungkinan akibat sabotase siber.

Sumber : Okezone

GLOBAL MILITARYMiliter
Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Terjun Taktis Linud Yonif Para Raider 501 Kostrad