Sertifikasi Dosen Ciptakan Tenaga Pendidik TNI AL Profesional

Sertifikasi Dosen Ciptakan Tenaga Pendidik TNI AL Profesional

Militer.or.id – Sertifikasi Dosen Ciptakan Tenaga Pendidik TNI AL Profesional.

Tenaga Pendidik TNI AL Segera Dapatkan NIDN dan Sertifikasi Dosen

Surabaya – Dalam perkembangan dunia pendidikan di lingkungan TNI AL, khususnya di lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi, seperti Seskoal, Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) seyogianya sudah mengikuti peraturan yang diterapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti), terkait dengan akreditasi institusi maupun program pendidikan (Prodi).

Sejumlah persyaratan akreditasi, Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan sertifikasi dosen merupakan hal cukup penting dan perlu diusahakan sesegera mungkin. Untuk menindaklanjuti program ini, TNI AL melalui Dinas Pendidikan TNI AL melaksanakan Workshop Pengurusan NIDN dan Sertifikasi Tenaga Pendidik TNI AL (Disdikal) pada Rabu 30-8-2017 di Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya.

Tim Disdikal yang dipimpin Kasubdit Bangdik Disdikal Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Suharjo, M.Si, memaparkan proses administrasi pengurusan NIDN dan sertifikasi dosen dihadapan peserta workshop yang berasal dari Seskoal, STTAL dan Akademi Angkatan Laut. Adapun Assessor dalam kegiatan workshop tersebut yaitu Dr. Indrianawati Usman, S.E. M.Sc dari Universitas Airlangga Surabaya.

Sambutan Kadisdikal Laksma TNI Sulistiyanto, S.E. M.M. M.Sc yang dibacakan Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Suharjo, M.Si menyampaikan, selain untuk memenuhi persyaratan administrasi proses akreditasi, NIDN berfungsi sebagai identitas dosen di seluruh Indonesia, sedangkan sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk dosen yang selanjutnya menjadi bukti formal pengakuan yang diberikan kepada dosen sebagai tenaga profesional.

Kadisdikal juga mengatakan selain berguna untuk kepentingan institusi pendidikan, NIDN dan sertifikasi dosen sangat berguna bagi tenaga pendidik (Gadik) yang bersangkutan dalam kegiatan di dunia pendidikan sehingga dosen tersebut bisa mendapatkan hak-haknya di setiap kegiatan akademis yang dilakukan.

“Sesudah kegiatan workshop ini agar kita bisa melakukan proses administrasi pengurusan NIDN dan sertifikasi dosen secara mandiri dan bisa mencapai hasil yang optimal”, ujar Kadisdikal Laksma TNI Sulistiyanto, dalam sambutannya. Pen AAL, 30-8-2017.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *