Amerika Serikat Perintahkan Rusia Tutup Konsulat di San Francisco

Militer.or.id – Amerika Serikat Perintahkan Rusia Tutup Konsulat di San Francisco.

San Francisco

Washington – Amerika Serikat telah memerintahkan Rusia untuk menutup Konsulatnya di San Francisco, ujar Departemen Luar Negeri AS, (31/8/2017), sebagai reaksi atas tuntutan Moskow agar ukuran staf diplomatik AS di Rusia dikurangi.

AS juga telah memerintahkan Rusia agar menutup satu chancery annex di Washington DC dan satu consular annex di New York paling lambat pada Sabtu, demikian pengumuman Departemen Luar Negeri AS. Ditambahkannya, tindakan ini sejalan dengan “semangat keseimbangan yang dilakukan oleh Rusia”.

HARUS BACA :  20 Gerilyawan Tewas Dalam Serangan Udara Koalisi di Yaman

“Amerika Serikat telah sepenuhnya melaksanakan keputusan Pemerintah Federasi Rusia untuk mengurangi ukuran misi kami di Rusia,” ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert, sebagaimana dikutip Xinhua, yang dipantau Antara, 1/9/2017. “Kami percaya tindakan ini tak beralasan dan merugikan bagi seluruh hubungan antara negara kami.”

HARUS BACA :  Pentagon: Proyek Helikopter $ 31 Miliar Mundur dari Jadwal

Aksi saling-balas itu dilakukan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin pada Juli memerintahkan AS mengurangi jumlah personel diplomatik di Rusia sebanyak 755, sebagai reaksi atas sanksi AS terhadap Rusia sehubungan dengan dugaan campur-tangannya dalam pemilihan presiden AS 2016.

HARUS BACA :  Laporan Korps Kenaikan Pangkat 51 Pati TNI

“Dengan tindakan ini, kedua negara akan tetap, masing-masing, memiliki tiga konsulat,” kata Nauert. “Meskipun akan terus ada kesenjangan dalam jumlah personel konsulat dan diplomatik, kami telah memilih untuk mengizinkan Pemerintah Rusia mempertahankan sebagian stafnya dalam upaya menangkap lingkaran penurunan dalam hubungan kami”, ujar Heather Nauert.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  20 Gerilyawan Tewas Dalam Serangan Udara Koalisi di Yaman