Nuklir Korea Utara Lebih Dahsyat dari Bom Atom Hiroshima

Militer.or.id – Nuklir Korea Utara Lebih Dahsyat dari Bom Atom Hiroshima.

Rudal Korea Utara (KCNA)

Beijing – Sejumlah ilmuwan China memperkirakan bom nuklir 108 kiloton yang diuji coba Korea Utara, Minggu (3/9/2017), dampaknya lebih kuat 3 hingga 8 kali bom atom yang pernah dijatuhkan pasukan Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang, pada 1945.

Tim riset seismik University of Science and Technology of China pimpinan Wen Lianxing memperkirakan kandungan nuklir pada senjata diujicobakan tersebut mencapai 108,3 kiloton.

Kandungan itu yang tertinggi dari enam kali uji coba nuklir yang telah dilakukan Korea Utara, ujar Wen sebagaimana dikutip Global Times, Senin, 4/9/2017.

HARUS BACA :  China Diduga Membidik Pesawat AS dengan Laser di Laut Timur

Berdasarkan data seismometer, tim riset memastikan bahwa uji coba senjata dengan kandungan nuklir berat telah dilakukan oleh Korut pada September 2016, Januari 2016, Februari 2013, dan Mei 2009.

Televisi milik pemerintah Korea Utara, Minggu (3/9/2017), menyiarkan klaim Pyongyang bahwa yang diuji coba merupakan bom hidrogen dan berhasil dengan sempurna serta sangat berarti bagi program persenjataan nuklir negara Korea Utara.

HARUS BACA :  Pemerintah Diimbau Sediakan Kawasan untuk Pengungsi Rohingya

Pyongyang menambahkan bom tersebut dirancang sebagai pendukung sistem peluru kendali balistik antarbenua (ICBM) terbaru.

Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom uranium di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang. Bom tersebut menewaskan 80 ribu jiwa di Nagasaki dan 146 ribu jiwa di Hiroshima.

HARUS BACA :  Indonesia – Rusia Masih Bahas Pembelian Kapal Selam Project 636

Sementara itu, sejumlah warga beberapa kota di Provinsi Jilin, China, yang berbatasan langsung dengan Korea Utara merasakan guncangan keras saat uji coba senjata tersebut dilakukan.

Guncangan dirasakan pada Minggu (3/9) pukul 11.30 waktu setempat (10.30 WIB) dan Pusat Jaringan Gempa China (CENC) melaporkan beberapa menit kemudian juga dirasakan guncangan ringan.

CENC juga melaporkan guncangan pertama kekuatannya mencapai 6,3 SR yang berpusat di Korea Utara.

HARUS BACA :  Jerman Tidak Akan Berpihak kepada AS Jika Perang dengan Korut
HARUS BACA :  Bagaimana Kans F-35B Menghadapi Su-57 dan S-400 di Suriah?

Sejumlah pejabat di Jepang dan Korea Selatan menyatakan guncangan yang terdeteksi di dekat lokasi uji coba nuklir dampaknya 10 kali lebih besar daripada dampak bahan peledak nuklir yang telah diuji coba Korea Utara sebelumnya.

Sejumlah media di China menampilkan foto-foto warga Yanji, Provinsi Jilin, yang panik akibat guncangan uji coba nuklir Korea Utara.

Mereka berlarian menuju tempat terbuka untuk menyelamatkan diri. Namun sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat peristiwa tersebut.

Uji coba nuklir terbaru oleh Korea Utara tersebut memicu kecaman dari dunia internasional, terlebih AS. Antara.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here