Pembangunan Jalur Ganda Kereta Sukabumi-Bogor Mulai 2017

Militer.or.id – Pembangunan Jalur Ganda Kereta Sukabumi-Bogor Mulai 2017.

ilustrasi : Rel kereta double track (commons.wikimedia.org)

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung rencana Presiden Joko Widodo yang ingin membangun jalur ganda kereta Sukabumi-Bogor, untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap transportasi massal.

“Rencananya pembangunan ‘double track’ mulai dilakukan tahun ini, sesuai yang dikatakan Presiden Jokowi saat mengunjungi Sukabumi dengan cara naik kereta api dari Bogor,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, di Bandung, Senin, 4/9/2017.

HARUS BACA :  Pererat Kebersamaan TNI-Polri Gelar Latihan Menembak

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Jabar menyambut baik rencana dibangunnya rel kereta jalur ganda pada jalur Bogor-Sukabumi, dan pengoperasian kembali jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Padalarang.

Rute Sukabumi-Bogor merupakan jalur ramai yang dilintasi Kereta Api Pangrango atau jurusan Stasiun Bogor Paledang-Stasiun Sukabumi.

Pembangunan rel ganda di jalur tersebut sangat tepat untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap transportasi massal berupa kereta api.

HARUS BACA :  Dari Helikopter Hingga Bomber, Inilah Kekuatan Udara Rusia

“Selama ini kereta dibutuhkan untuk angkutan orang dan barang,” ujarnya, yang dirilis Antara.

HARUS BACA :  Kapal Misi Pesisir TLDM Dijangka Siap Menjelang 2021

Jalur kereta api yang masih beroperasi yakni Sukabumi-Cianjur, di jalur itu terdapat Kereta Api Siliwangi yang setiap harinya melakukan empat kali perjalanan.

Kereta Api Siliwangi, merupakan angkutan perintis yang memiliki jarak tempuh sepanjang 38 kilometer dan mampu mengangkut 472 penumpang untuk satu kali perjalanan.

Selain jalur itu, Presiden Jokowi juga menginginkan jalur kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur dapat tersambung kembali ke jalur Bandung lintas Padalarang.

HARUS BACA :  Pentagon Setuju Jual 6 AH-64E Apache ke India

Namun jalur yang menghubungkan Bandung itu, menurut Dedi, terdapat beberapa kendala jalur yang harus diperbaiki, seperti jembatan di Ciranjang dan badan rel di Cipatat yang terdampak longsoran tanah.

“Pak Presiden inginnya jalur kereta api dari Cianjur yang awalnya dari Bogor dan Sukabumi tersambung kembali dengan jaringan kereta api Bandung, yaitu menghidupkan kembali jalur Cianjur-Padalarang,” kata Kadis Perhubungan Jawa Barat.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here