Tol Trans Jawa Ditargetkan Rampung 2018

Militer.or.id – Tol Trans Jawa Ditargetkan Rampung 2018.

Presiden Joko widodo Resmikan jalan tol Jombang-Mojokerto, 10/9/2017 (Info Mojokerto – @pojokmojokerto)

Mojokerto – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Jombang – Mojokerto yang dikelola PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto) sepanjang 24,9 kilometer, di Gerbang Tol Mojokerto, Jawa Timur, Minggu, 10/9/2017.

“Permasalahan pembangunan jalan tol di beberapa tempat itu sama dan sudah tahu cara penyelesaiannya,” ujar Presiden saat meresmikan jalan tol Jombang-Mojokerto di Gerbang Tol Mojokerto.

Presiden mengemukakan pembangunan jalan tol sebenarnya cepat kalau permasalahannya sudah diselesaikan.

“Saat ini juga masih banyak bertanya ke saya pembangunan jalan tol, bandara dan pelabuhan itu untuk apa ? Kemudian saya katakan kalau infrastruktur tidak bangun cepat semakin mundur semakin mahal pembebasan lahan konstruksinya,” kata Presiden.

HARUS BACA :  Dankorps Marinir Kunjungi Pulau Terdepan

Presiden Jokowi mencontohkan pembangunan kereta bawah tanah di Jakarta kalau dibangun 26 tahun lalu harga tanah Rp 2 juta sampai dengan Rp 5 juta setiap meternya. Namun sekarang, harganya Rp 80 juta sampai Rp 200 juta dan sangat mahal jika terus diundur.

“Yang kedua Indonesia bisa kalah bersaing dengan negara lain akibat biaya logistik lebih mahal. Saat ini di Indonesia biaya logistik lebih besar 2,5 persen dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia,” ujar Presiden Jokowi.

Preside Jokowi mengatakan, telah diberitahu Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Basuki Hadimuljono, jika seksi dua dan tiga sudah selesai dan siap untuk diresmikan.

HARUS BACA :  Menko Polhukam Jamin Kisruh Senjata Tidak Ganggu Keamanan Nasional

“Setelah ini akan ada tiga lagi yang diresmikan, bangun, selesai, buka, jangan diundur-undur lagi karena dirinya merasakan sebagai Presiden cukup kesulitan untuk mengunjungi wilayah terpencil tanpa dilengkapi dengan infrastruktur,” ujarnya.

HARUS BACA :  Kasad Gelar Open House, Idul Fitri 1439 Hijriah

Jalan tol ini menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang yakni Desa Bandarkedungmulyo dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto di Desa Penompo.

Jalan tol ini diharapkan bisa menjadi jalur alternatif untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di beberapa titik antara lain di simpang empat Mertex sampai dengan simpang lima Kenanten hingga pertigaan Mengkreng yang merupakan tempat pertemuan jalur di tiga wilayah yakni Nganjuk, Kediri dan Jombang.

Beroperasinya ruas tol Jombang-Mojokerto juga dapat memicu pertumbuhan perekonomian di wilayah sekitar jalan tol, serta Jawa Timur sehingga keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jawa Timur.

Presiden mencanangkan proyek Tol Trans Jawa dapat dirampungkan pada 2018 dan pembangunan jalan tol Indonesia dapat mencapai 1.800 kilometer pada akhir tahun 2019.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan dengan adanya peresmian jalan tol ini kalau pulang ke Madiun jadi cepat dan juga angkut barang dari pelabuhan lebih cepat.

HARUS BACA :  Trump Perintahkan Pentagon Bentuk Pasukan Luar Angkasa

“Kami mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Jatim masih memiliki tanggungan untuk menyediakan beberapa ruas jalan tol seperti Pandaan-Malang, Probolinggo-Banyuwangi, Gresik-Tuban,” ujar Soekarwo.

Pengoperasian ruas jalan tol Jombang-Mojokerto dilakukan secara bertahap yakni seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi 3 sepanjang 5 kilometer yang beroperasi pada November 2016.

HARUS BACA :  Heli AW101 Masih Disimpan

Seksi 2 sepanjang 19,9 kikometer akan beroperasi pada bulan September 2017 dan seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer akan beroperasi bersamaan dengan beroperasinya ruas Ngawi-Kertosono.

Secara keseluruhan, ruas tol Jombang-Mojokerto memiliki 4 gerbang tol, yakni gerbang tol Bandar (di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang), gerbang tol Jombang (di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa Timur), gerbang tol Mojokerto Barat (di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Mojokerto, Jawa Timur) dan gerbang tol Mojokerto (di Desa Penompo, Kecamatan Gedeg, Mojokerto). (Antara).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pangkostrad Tutup Apel Dansat Terpusat 2018

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here