Penyaluran Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar

0
515

Militer.or.id – Penyaluran Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar.

Bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh, 17/9/2017. (Sekretariat Negara)

Jakarta – Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia disalurkan oleh pemerintah daerah di Cox’s Bazar kepada pengungsi Rohingya yang tinggal sementara di distrik tersebut pada Senin, 18/9/2017.

“Menurut District Administration Cox’s Bazar, bantuan Indonesia yang telah berada di Gudang Cox’s Bazar selanjutnya akan didistribusikan Senin, 18/9/2017 ke 12 pos atau titik distribusi,” ujar Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dalam keterangannya diterima di Jakarta, Minggu, 17/9/2017.

HARUS BACA :  Ukraina Berlakukan Darurat Militer, Khawatir Diserang Rusia

Pemerintah daerah di Cox’s Bazar akan bekerja sama dengan sejumlah organisasi internasional seperti UNHCR dan IOM dalam membagikan bantuan tersebut.

Bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh, 17/9/2017. (Sekretariat Negara)

Menurut laporan Antara, pemerintah Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Rohingya berupa 30 ton beras, 1 ton gula, 14.000 selimut, 2.004 paket makanan siap saji, 10 unit tenda darurat, 10 unit tenda posko, 600 paket family kit, 900 paket kebutuhan sandang, 10 tangki air darurat.

HARUS BACA :  13 Orang Tewas Akibat Aksi Teror di Barcelona

Bantuan dikirim dalam enam sorti penerbangan menggunakan pesawat C130 Hercules TNI AU sejak 14-16 September 2017.

Bantuan yang akan dibagikan merupakan bantuan dari sorti penerbangan pertama hingga keempat yang sudah dikirimkan oleh pemerintah Bangladesh ke daerah Cox’s Bazar.

Bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh, 17/9/2017. (Sekretariat Negara)

Sementara itu, menurut Rina pemerintah Bangladesh belum dapat memberikan izin bagi delegasi Indonesia, termasuk tim penilai kebutuhan bantuan RI yang terdiri dari personel BNPB dan tim kesehatan, untuk mengunjungi tempat-tempat pengungsian di Cox’s Bazar.

HARUS BACA :  Rafael Mengubah Roket Jadul Menjadi Senjata Presisi Tinggi

“Sementara ini tidak dapat memberikan izin bagi delegasi dari Indonesia untuk mengunjungi kamp-kamp pengungsi ataupun ke kota Cox’s Bazar karena alasan keamanan,” ujar KBRI Bangladesh. (Antara).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here