Command Post Exercise Garuda Shield-11

Militer.or.id – Command Post Exercise Garuda Shield-11.

Command Post Exercise Garuda Shield-11

Salah satu materi dalam Latihan Bersama Garuda Shield-11/2017 adalah Command Post Exercise (CPX) yaitu Latihan Posko yang ditujukan untuk melatih hubungan komandan dan staf.

Dalam suatu organisasi militer setingkat Batalyon ke atas, terdapat unsur pimpinan dan pembantu pimpinan yang disebut Staf. Masing-masing unsur mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai fungsinya.

HARUS BACA :  Su-57 Simulasi Isi Bahan Bakar di Udara

Dengan adanya unsur Staf diharapkan dapat membantu Komandan dalam mengambil keputusan, sehingga perlu ditentukan suatu prosedur yang mengatur hubungan antara Komandan dan Stafnya.

Command Post Exercise Garuda Shield-11

Dengan demikian tindakan Komandan dan Stafnya dapat lebih teratur, sistematika dan terpadu sehingga semua tugas yang dibebankan tidak ada yang terlewat dengan melalui proses perencanaan dan persiapan operasi yang matang.

HARUS BACA :  Rahasia Yang Tidak Terlalu Rahasia
HARUS BACA :  Fasilitas Merpati Jadi Pusat Perawatan Pesawat Militer – Militer.or.id

Sebelum melaksanakan CPX, para pelaku dibekali dengan materi staf sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Para instruktur berasal dari kedua negara saling bergantian dalam menyampaikan materi pelajaran. Setiap staf diisi oleh prajurit TNI AD dan US Army, dengan harapan mereka dapat mempunyai kesamaan pengetahuan dalam bidang tugasnya.

Command Post Exercise Garuda Shield-11

“Sebenarnya materi ini bukanlah materi yang baru bagi kami khususnya para Perwira, sebab sebelumnya pernah kami terima pada saat melaksanakan tugas di satuan maupun sewaktu mengikuti pendidikan Perwira” tutur Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P., M.Si yang menjabat sebagai Komandan Brigade dalam latihan CPX tersebut.

HARUS BACA :  Operasi USMC dan CH-53E Super Stallion
HARUS BACA :  Rostec: Indonesia Mungkin Beli Tambahan Su-35

“Saya berharap, semoga apa yang kami terima dapat bermanfaat dalam melaksanakan tugas nanti di satuan”. Jelas Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P., M.Si. (Penkostrad).

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  TNI Siapkan Prajurit Terbaik Amankan Perwakilan RI di Luar Negeri

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here