Militer.or.id – Hamas Sambut Pemerintahan Persatuan Palestina.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniya (photo : Khaled Abu Toameh)

Gaza – Gerakan Hamas menyambut deklarasi Pemerintah Persatuan Nasional Palestina untuk berangkat ke Gaza pekan depan.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan email, Senin, 25/9/2017, bahwa : “kami berharap pemerintah berhasil dalam tugasnya dan untuk melakukan tanggung jawabnya.”

Juru bicara pemerintah persatuan Yousef Al-Mahmoud mengatakan dalam sebuah pernyataan pers email bahwa “Perdana Menteri Rami Al-Hamdallah berkonsultasi dengan Presiden Mahmoud Abbas, dan memutuskan untuk mengadakan pertemuan kabinet mingguan di Jalur Gaza pada minggu depan.”

“Al-Hamdallah dan para menteri akan tiba di Israel Senin depan untuk memulai proses serah terima setelah gerakan Hamas setuju untuk membubarkan komite administratif dan memungkinkan pemerintah untuk melakukan tanggung jawabnya dalam semua Governorat selatan (Gaza),” jelas pernyataan itu.

Pekan lalu, gerakan Hamas menyatakan di Kairo bahwa mereka akan membubarkan komite administrasi.

Pemimpin Gerakan HAMAS, Ismail Haniya pada Senin 25/9/2019 berikrar gerakannya bermaksud mengubah perujukan internal Palestina dengan Presiden Mahmoud Abbas menjadi kenyataan.

Pernyataan Haneya itu dikeluarkan dalam pertemuan antara satu kelompok pemimpin senior HAMAS dan Koordinator Khusus PBB Nikolay Mladenov, yang tiba sebelumnya di Jalur Gaza, di Markas HAMAS di Kota Gaza, Palestina.

“HAMAS bersungguh-sungguh untuk mencapai perujukan dan akan melanjutkannya sampai itu berubah menjadi kenyataan yang bisa disentuh oleh setiap orang,” ujar Haneya kepada Mladenov, sebagaimana dikutip Xinhua. “Itu adalah pengantar bagi perdebatan semua masalah besar politik dan mencapai sasaran rakyat kami.”

Selain Haniya, pemimpin HAMAS di Jalur Gaza Yehya Sinwar dan dua lagi petinggi HAMAS -Nizar Abdallah dan Salah el-Bardaweel- juga menghadiri pertemuan dengan Mladenov.

Para pemimpin HAMAS memberi penjelasan kepada pejabat dunia tersebut mengenai perincian dialog yang mereka selenggarakan di Ibu Kota Mesir, Kairo, dengan dihadiri para pejabat Mesir selama 11 hari dan deklarasi akhir mereka mengenai pembubaran komite yang memerintah dan dibentuk oleh HAMAS untuk menangani urusan sehari-hari di Jalur Gaza, Palestina.

Haneya menyatakan kepada Mladenov penghargaan HAMAS atas sikap dukungannya bagi perujukan internal Palestina.

Mladenov mengatakan kepada para pemimpin HAMAS ia memuji deklarasi HAMAS yang merupakan satu langkah di jalur yang benar.

“Semua pihak internasional yang saya temui di New York menyambut pernyataan HAMAS mengenai pembubaran komite tersebut,” kata Mladenov kepada Haneya dan anggota lain delegasi HAMAS.

Sementara itu, Sinwar mengatakan kepada Mladenov bahwa HAMAS akan menyediakan semua fasilitas yang mungkin bagi keberhasilan kunjungan menteri pemerintah konsensus ke Jalur Gaza pekan depan di semua tingkat.

Sinwar menekankan keputusan HAMAS “ialah untuk keberhasilan upaya Mesir, memperoleh kembali persatuan rakyat kami dan mengakhiri status perpecahan internal”. Ia menambahkan, “Kami akan melancarkan semua upaya yang mungkin sehubungan dengan ini.” (Antara/Xinhua-OANA).

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here