Serangan Cepat AH-1Z Viper

Militer.or.id – Serangan Cepat AH-1Z Viper.

(Photo : U.S. Marine Corps photo by Lance Cpl. Brennon A. Taylor)

Selama Perang Vietnam, varian helikopter serang khusus AH-1 “Cobra” dikembangkan untuk digunakan oleh Angkatan Darat A.S. Menjelang akhir perang, Korps Marinir AS memesan versi mereka sendiri, Sea Cobra yang menggunakan dua mesin sebagai cadangan apabila satu mesin tidak berfungsi atau rusak saat beroperasi diatas laut.

HARUS BACA :  Menjaga Pulau Rondo yang Berbatasan dengan India

AH-1Z adalah generasi ketiga Sea Cobra. Mempertahankan tampilan desain seperti ular Cobra yang mematikan. AH-1Z memiliki dua awak dan didukung oleh mesin turboshaft General Electric T700 yang sama dengan yang digunakan helikopter Apache Angkatan Darat AS.

(Photo : U.S. Marine Corps photo by Lance Cpl. Brennon A. Taylor)

Viper digunakan untuk memberikan dukungan serangan udara jarak dekat pasukan Marinir di medan tempur.

HARUS BACA :  Korea Utara Terus Kembangkan Rudal dan Nuklir

Selama invasi ke Irak tahun 2003, 46 dari 58 unit Sea Cobra yang dikerahkan cukup dekat di medan perang mengalami kerusakan akibat tembakan dari darat, termasuk dari serangan senapan mesin dan granat berpeluncur roket.

(Photo : U.S. Marine Corps photo by Lance Cpl. Brennon A. Taylor)

AH-1Z Viper dilengkapi dengan senapan gutling gun tiga laras M197 kaliber 20 mm di hidung dan memiliki dua sayap dengan tiang-tiang senjata yang bisa membawa rudal anti-tank Hellfire, roket berpandu laser Hydra 70, dan bahkan rudal udara-ke-udara Sidewinder.

HARUS BACA :  Lulus Terbang Transisi Lettu Pnb Andika Dapatkan Callsign “Camel”
HARUS BACA :  Menjaga Pulau Rondo yang Berbatasan dengan India

Mampu melakukan serangan cepat dan mematikan, AH-1Z sangat membantu pergerakan Marinir AS, baik saat operasi pendaratan di pantai, perang kota maupun serangan anti gerilya.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Belarusia dan Rusia Siap Merespon Langkah Polandia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Korea Utara Terus Kembangkan Rudal dan Nuklir