Korban Tewas Akibat Gempa di Iran, Lebih 400 Orang

Militer.or.id – Korban Tewas Akibat Gempa di Iran, Lebih 400 Orang.

Pasca-Gempa di provinsi Kermanshah, Iran (photo : Abdulla Hawezz – @abdullahawez)

Teheran. Militer.or.id – Korban jiwa di Iran akibat gempa bumi kuat yang mengguncang daerah perbatasan Irak-Iran masih ada orang yang tertimbun di bawah reruntuhan, demikian laporan media lokal pada Senin, 13/11/2017.

Sedikitnya 413 orang telah kehilangan nyawa dan 7.370 orang lagi cedera akibat gempa dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter, ujar Kantor Berita Iran, IRNA, 14/11/2017.

Pusat gempa berada sekitar 32 kilometer di sebelah selatan Kota Halabja di daerah pegunungan terpencil di Irak Timur, sekitar 200 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Irak, Baghdad, dan 400 kilometer di Teheran, kata United States Geological Survey (USGS).

HARUS BACA :  Radar Gallium Nitride Pertama Dikirimkan ke USMC

Gempa bumi itu mengguncang daerah tersebut pada Ahad, sekitar pukul 21.18 waktu setempat (Senin, 07.18 WIB), ketika kebanyakan orang diduga telah berada di rumah, kata USGS.

Sedikitnya 14 provinsi di Iran telah dipengaruhi oleh gempa bumi tersebut, termasuk Ibu Kota Iran, Teheran. Daerah yang paling parah diguncang gempa di Iran adalah Kabupaten Qasr-e Shirin dan Sarpol-e Zahab di Provinsi Kermanshah, sekitar 20 kilometer dari perbatasan.

Sebanyak 30 tim Palang Merah dari seluruh negeri itu telah dikirim ke daerah yang diguncang gempa, yang beberapa bagiannya telah rusak parah.

HARUS BACA :  Latihan Tri Wulan IV Denma Mako Kormar

Lebih dari 20 desa Iran di Provinsi Kermanshah di Iran telah rusak dan pasokan air serta listrik terganggu, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Jaringan jalan di daerah tersebut telah rusak.

HARUS BACA :  Ini Kelebihan Tank Ringan 30 Ton China, Type-15

Namun, Kepala Polisi Provinsi Jenderal Manouchehr Amanollahi mengatakan pada Senin bahwa semua jalan terbuka dan arus lalu-lintas normal.

Selain itu, para pejabat mengatakan akses ke daerah pedesaan masih terbatas.

Tim layanan darurat Iran telah dikirim ke wilayah yang diguncang gempa dan beberapa helikopter mengirim keperluan dasar. Gempa susul kuat juga mengguncang daerah tersebut.

Rumah sakit lapangan telah didirikan di daerah yang diguncang gempa.

Gempa bumi dan gempa susulan mengguncang dengan kekuatan beragam 4,5 sampai 6,1. Guncangan juga dirasakan di Turki, Armenia, Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

HARUS BACA :  AS Akan Bantu Jepang Tingkatkan Kemampuan Rudal, Pernika F-15

DI Kota Besar Sanandaj dan Qasr-e Shirin di Iran Barat, banyak orang keluar dari rumah mereka setelah gempa kuat mengguncang.

Esmail Najar, Kepala Organisasi Penanganan Bencana Nasional mengatakan masih banyak orang yang cedera tertimbun di bawah reruntuhan di Kabupaten Qasr-e Shirin dan Sarpol-e Zahab.

Tim pertolongan dari seluruh Iran masih melakukan penggalian untuk mencari orang yang masih terjebak di bawah reruntuhan di berbagai desa dan kota kecil di Provinsi Kermanshah.

HARUS BACA :  USAF Usulkan Ganti F-22 dengan 3 Skadron F-35 di Tyndall – Militer.or.id

Beberapa saksi mata di Sarpol-e Zahab mengatakan mereka terkejut melihat gedung pencakar langit di kota itu pada Senin pagi. Mereka menyatakan separuh gedung tersebut tampaknya telah hancur, demikian laporan kantor berita Tasnim.

Tiga hari masa berkabung telah diumumkan di Provinsi Kermanshah. Para pejabat mengumumkan bahwa sekolah di Provinsi Kermanshah dan Ilam direncanakan ditutup pada Senin akibat gempa itu. (Antara/Xinhua-OANA).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here