Pesawat F-16 Lanud RSN Pantau Perbatasan RI-Malaysia

Pesawat F-16 Lanud RSN Pantau Perbatasan RI-Malaysia

Militer.or.id – Pesawat F-16 Lanud RSN Pantau Perbatasan RI-Malaysia.

Ilustrasi Pesawat F-16 TNI AU

Nunukan, Militer.or.id – Skadron Udara Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin (RSN), Pekanbaru, Provinsi Riau, memantau kondisi keamanan perairan perbatasan RI dengan Malaysia di kawasan Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Komandan Lanud Tarakan, Kolonel Pnb Didik Kristyanto melalui sambungan telepon, Kamis 23 November 2017 mengakui, kedatangan 3 pesawat F-16 dari Skadron Udara Pekanbaru itu mendadak untuk melaksanakan operasi senyap.

Tim operasi tersebut memantau wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kabupaten Nunukan terutama di Pulau Sebatik dan Ambalat demi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Skadron Udara 16 Pekanbaru khusus diperkuat dengan Alusista pesawat tempur F-16 yang dinilai mampu mengamankan dan menjaga kedaulatan wilayah udara dengan melaksanakan patroli ke berbagai wilayah perbatasan.

“Kedatangan 3 pesawat tempur F-16 ke Tarakan adalah misi operasi senyap sekaligus latihan untuk memantau wilayah perbatasan perairan Sebatik dan ambalat di Kabupaten Nunukan,” ujar perwira menengah itu.

Kemudian, skadron udara ini juga sedang menjalani latihan tempur jelajah dengan mendatangi landasan-landasan yang selama ini jarang dikunjungi.

Kedatangan 3 pesawat tempur ini pada Rabu 22 November 2017 sekitar pukul 11.30 WITA langsung dari Pekanbaru  dengan menempuh waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh 800 mil laut, ujar Komandan Lanud Tarakan, Kolonel Pnb Didik Kristyanto.  (Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *