Korea Selatan, Jepang Pertimbangkan Akuisisi F-35B

Militer.or.id – Korea Selatan, Jepang Pertimbangkan Akuisisi F-35B.

F-35B Lighting II maneuvers after a vertical landing (US Navy)

Militer.or.id – Pemerintah Korea Selatan dan Jepang mempertimbangkan untuk membeli pesawat F-35B buatan Lockheed Martin selain pesanan utama pesawat F-35A yang sudah ada dalam jalur produksi, seperti dilansir dari kantor berita Sputnik.

“Saya mengerti bahwa petinggi militer baru-baru ini telah membahas apakah mereka dapat mengenalkan sejumlah kecil jet pejuang F-35B dan mengoperasikannya di atas kapal baru yang telah dikerahkan dan satu lagi yang sedang dibangun”, kata seorang sumber militer Korea Selatan kepada kantor berita Yonhap. (25/12/2017)

HARUS BACA :  Hanya Pilot Terbaik Bisa Terbangkan Su-27

Kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal dari F-35B membuatnya lebih sesuai untuk kapal angkatan laut dengan ukuran terbatas. Jet tempur generasi kelima ini dirancang untuk kapal amfibi Korps Marinir AS, yang memiliki lebih sedikit ruang untuk lepas landas dan mendarat serta tidak memiliki ketapel kuat yang mampu meluncurkan pesawat dengan cepat saat lepas landas dibandingkan dengan kapal induk Angkatan Laut AS.

Korea Selatan mengalokasikan sekitar $ 6,7 miliar untuk membeli 40 unit F-35A pada tahun 2014 dan mempertimbangkan untuk membeli 20 unit tambahan varian A.

HARUS BACA :  Kuasai Teknologi, HAL Dorong India Miliki 312 Unit Su-30MKI

Memperoleh F-35B bergantung pada tinjauan apakah kapal perang angkatan laut terbesar di Korea Selatan, kapal penyerang amfibi kelas Dokdo dapat memperoleh renovasi dek untuk menyesuaikan diri dengan operasional jet tempur.

Kapal perang amfibi Korea Selatan dan Jepang pada awalnya dirancang untuk mengoperasikan helikopter. Kapal pertama kelas Dokdo ditugaskan pada tahun 2005. Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan mengumumkan pembangunan kapal Dokdo-Class kedua pada akhir April 2017.

“Gagasan untuk menambahkan F-35B dipertimbangkan dengan memaksimalkan nilai strategis kemampuan kapal,” kata pejabat pertahanan tersebut kepada kantor berita Yonhap.

HARUS BACA :  9 Pesawat Negara Sahabat Angkut Bantuan Kemanusiaan ke Palu – Militer.or.id

Pemerintah Jepang juga mulai mempertimbangkan pesawat F-35B untuk ditempatkan di kapal perusak helikopter kelas Izumo Jepang, yang oleh JMSDF digunakan sebagai kapal induk helikopter, menurut Japan Times. (25/12/2017)

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan kepada wartawan bahwa negara tersebut akan senantiasa meninjau kemampuan pertahanannya dari berbagai perspektif, namun menolak rencana akuisisi F-35B hanya sebagai spekulasi belaka.

“Tidak ada pemeriksaan konkret yang sedang berlangsung mengenai pengenalan F-35B atau modifikasi kapal perusak kelas Izumo,” kata Onodera kepada wartawan.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here