Satelit Komunikasi Laser China Beroperasi

Militer.or.id – Satelit Komunikasi Laser China Beroperasi.

Zhongxing-16, satelit komukasi laser pertama di dunia buatan China. © CASTC

Militer.or.id – Satelit komunikasi berkapasitas tinggi pertama, Shijian-13 buatan China, telah beroperasi setelah menyelesaikan pengujian komunikasi laser kunci, tutur China National Space Administration pada hari Selasa, seperti dilansir dari laman berita China Military.

Satelit orbit tinggi itu telah menyelesaikan tes komunikasi laser dua arah berkecepatan tinggi yang pertama dunia antara satelit dan pusat kendali darat, menurut keterangan pemerintah China.

HARUS BACA :  Kena Sanksi AS, Menhan Iran Sebut Negaranya Semakin Maju

Dengan melayani para pengguna di China, satelit tersebut akan dapat menghubungkan stasiun komunikasi di daerah terpencil dan memenuhi kebutuhan pendidikan jarak jauh, pengumpulan berita digital dan komunikasi darurat, menurut Li Feng, perancang satelit utama di China Aerospace Science and Technology Corporation.

Shijian-13, diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center di Provinsi Sichuan, China pada tahun 2017, memiliki kapasitas transfer 20 Gbps dan dirancang untuk mengorbit selama 15 tahun.

HARUS BACA :  Ukraina Sepakat Ekspor Tank Oplot ke AS
HARUS BACA :  Irak, Iran, Turki Siap Ambil Tindakan Atas Referendum Kurdi

Satelit yang diberi nama Zhongxing-16 itu, akan memberikan akses Internet yang lebih baik pada pesawat terbang dan kereta berkecepatan tinggi dengan kapasitas download maksimal 150 Mbps dan kapasitas upload 12 Mbps.

Satelit komunikasi laser berkapasitas tinggi tersebut dapat membentuk jaringan sistem komunikasi dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan transfer yang lebih tinggi dibandingkan dengan satelit biasa.

HARUS BACA :  Setelah Tank, Turki Ajak RI Kerja Sama UAV dan Kapal Selam

Dengan kapasitas transfer hingga 200 Gbps, jaringan komunikasi yang ada di wilayah China dan kawasan Asia Pasifik diperkirakan akan dibangun pada tahun 2020, karena China akan mengirim lebih banyak satelit komunikasi kapasitas tinggi ke luar angkasa.

Pada tahun 2025, China akan memiliki 22 satelit komunikasi, dengan 5 (lima) dibangun berdasarkan desain baru, demikian menurut rencana pembangunan jangka menengah untuk infrastruktur ruang angkasa sipil yang diluncurkan pada tahun 2015.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Beli F-16V Atau Kena Sanksi – Militer.or.id