Militer.or.id – Uji Pra-Penerbangan Jet Siluman F-313 Iran.

Jet tempur siluman F-313 Qaher buatan Iran melakukan uji pra-penerbangan. © Iran Army/Youtube

Militer.or.id.com – Jet tempur siluman mutakhir F-313 “Qaher”, yang dirancang dan diproduksi oleh para ahli dalam negeri Iran sedang menjalani tes pra-penerbangan dan melakukan taksi cepat, menurut mantan Menteri Pertahanan Brigjend Hossein Dehqan, seperti dilansir dari laman Kantor Berita Tasnim (TNA).

Berbicara kepada TNA, Brigjend Dehqan menunjuk pada proses pengembangan Qaher dan mengatakan bahwa jet tempur siluman tersebut telah dirancang untuk melakukan misi dukungan udara dekat.

“F-313 Qaher (Penakluk) telah menjalani tes pra-penerbangan. Salah satu tes yang harus dilakukan pesawat terbang adalah meluncur di landasan pacu dengan cepat”, katanya

Taksi adalah pergerakan sebuah pesawat terbang di darat, dengan tenagannya sendiri, berbeda dengan towing atau push-back dimana pesawat digerakkan oleh tarikan.

Selain F-313 Qaher, dia juga menunjuk pada pengembangan jet buatan dalam negeri lainnya, yakni Kowsar-88, mengatakan bahwa pesawat itu juga melakukan perjalanan taksi yang cepat, persiapan untuk take-off.

Jet tempur generasi kelima F-313 Qaher Iran tersebut diluncurkan pada bulan Februari 2013, merupakan jet tempur siluman berkursi tunggal yang mampu lepas landas dan mendarat di landasan pacu yang pendek.

Pakar dan teknisi militer Iran dalam beberapa tahun terakhir telah membuat kemajuan besar dalam pembuatan berbagai peralatan domestik, membuat Angkatan Bersenjata Iran mandiri di bidang senjata.

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here