Leonardo Tuntas Kirim 18 Jet Pelatih T-346A Pesanan Italia

Militer.or.id – Leonardo Tuntas Kirim 18 Jet Pelatih T-346A Pesanan Italia.

Pesawat jet latih transonik Alenia Aermacchi M-346 Master, basis pengembangan T-346A Angkatan Udara Italia. © Ronnie Macdonald (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Udara Italia telah menerima 18 unit jet pelatih canggih T-346A ke dalam layanan, menurut keterangan dilaman Leonardo Company tanggal 27 Februari.

HARUS BACA :  Pesawat Rusia Hancurkan 1.000 Instalasi Gerilyawan Suriah

Menurut keterangan perusahaan tersebut, upacara pengiriman untuk jet latih T-346A Angkatan Udara Italia berlangsung di Divisi Pesawat Terbang Leonardo yang berada di Venegono Superiore (Varese).

Pesawat latih M-346, yang ditunjuk sebagai T-346A oleh Angkatan Udara Italia, adalah merupakan ujung tombak bagi Galatina’s 61st Air Wing (Lecce), dimana pilot tempur Italia dilatih bersama-sama dengan personil dari negara lain termasuk Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Austria, Belanda, Polandia, Singapura, Argentina, Yunani dan Kuwait.

HARUS BACA :  TNI AU Tingkatkan Kemampuan Maritime Air Strike
HARUS BACA :  TNI Harus Miliki Arah Kebijakan Bidang Hankam Negara

Sejarah Singkat

Alenia Aermacchi M-346 Master adalah pesawat latih militer transonik bermesin ganda. Awalnya dikembangkan bersama dengan Yakovlev sebagai Yak-130/AEM-130, namun kemitraan tersebut bubar pada tahun 2000.

Secara terpisah, Alenia Aermacchi tetap mengembangkan M-346 Master, sementara itu Yakolev mengerjakan Yakovlev Yak-130. Penerbangan perdana pelatih M-346 dilakukan pada tahun 2004.

Sejak tahun 2016, pabrikan tersebut berubah menjadi Leonardo-Finmeccanica di saat Alenia Aermacchi merger dengan Finmeccanica, yang akhirnya diganti nama menjadi Leonardo pada tahun 2017.

HARUS BACA :  Upgrade F-35 ke Standar Block 3F Sangat Mahal

M-346 yang dipesan oleh Angkatan Udara Italia, Angkatan Udara Republik Singapura, Angkatan Udara Israel dan Angkatan Udara Polandia adalah basis dari Sistem Pelatihan Terintegrasi T-100, solusi yang ditawarkan oleh Leonardo DRS dalam kompetisi pelatih TX untuk program sistem pelatihan terpadu Angkatan Udara AS.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Detasemen Matra 2 Paskhas Dukung Latbantem Terpadu TNI 2018