AS Jual Teknologi Kapal Selam ke Taiwan

Militer.or.id – AS Jual Teknologi Kapal Selam ke Taiwan.

Konsep kapal selam Virginia-Class buatan AS © US Navy via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Dalam menghadapi situasi yang mengancam dari Beijing, Taiwan kini bisa meletakkan lunas armada kapal selam generasi baru berkat teknologi militer yang disediakan oleh Amerika Serikat, seperti dilansir dari Reuters.

Sebuah langkah yang pasti membangkitkan komentar dari China, pemerintahan Trump telah setuju untuk memberi izin yang diperlukan pada perusahaan-perusahaan senjata AS untuk menjual teknologi kapal selam kepada Taiwan.

HARUS BACA :  India-Rusia Akan Teken Kontrak Sistem Rudal S-400

Negara pulau yang terletak hanya sejauh 81 mil dari pantai musuh bebuyutannya itu, telah memperkuat postur militernya menyusul meningkatnya sejumlah kekhawatiran bahwa China memperketat cengkeramannya di kawasan itu, terutama ketika Beijing merebut wilayah maritim di Laut China Selatan.

Ketika perang dagang yang diprakarsai Trump nampak mulai meningkat, Central News Agency asal Taiwan pada hari Sabtu melaporkan persetujuan lisensi teknologi kapal selam baru AS kepada Taiwan, menurut Newsweek.

Menteri Pertahanan Taiwan, Chen Chung-Chi menegaskan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah memberikan lampu hijau tehadap penjualan teknologi mutakhir kapal selam militer.

HARUS BACA :  S-300PMU2 Iran Bisa Diterobos F-35I?
HARUS BACA :  TNI-Polri Wujudkan Ketertiban dan Kondusif Selama Arus Mudik

Kebijakan AS terhadap penjualan senjata Amerika-Taiwan tetap “konsisten”, termasuk juga masa Presiden Barack Obama, menurut sumber di Departemen Luar Negeri AS, dikutip oleh Reuters.

“Kebijakan jangka panjang kami tentang penjualan pertahanan ke Taiwan telah konsisten di tujuh pemerintahan AS yang berbeda. Kebijakan ini telah berkontribusi pada keamanan Taiwan dan juga mendukung pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”, jelas pejabat itu

Pada tahun 2017 lalu, Taiwan merilis berita bahwa mereka akan memproduksi delapan armada kapal selam baru, tepat sebelum Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Trump di Florida.

HARUS BACA :  Iran Ungkap Desain Baru untuk Trimaran Militer

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  PT Daya Radar Utama Receives Order from TNI AL and TNI AD

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  China Kembangkan Radar Kuantum Pelacak Rudal Balistik