Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Korea Selatan Percaya Diri Mampu Kembangkan Radar Canggih

Militer.or.id – Korea Selatan Percaya Diri Mampu Kembangkan Radar Canggih.

Model pesawat tempur KFX Korea Selatan diresmikan pada ADEX 2017 di Seoul. © Alvis Cyrille Jiyong Jang (Alvis Jean) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan pada hari Rabu, 11 April mengatakan bahwa mereka yakin mampu mengembangkan sistem radar canggihnya sendiri untuk melengkapi jet tempur pribumi, seperti dilansir dari laman Yonhap News.

Otoritas pertahanan Korea Selatan telah meluncurkan sebuah program senilai  360 miliar won atau setara dengan $ 338 juta pada tahun 2016 guna mengakuisisi sistem radar Active Electronically Scanned Array (AESA).

Ini merupakan bagian dari proyek pengembangan pesawat tempur eksperimental KF-X senilai 8,8 triliun won yang sedang berlangsung, untuk menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-5 Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF).

Badan Pengembangan Pertahanan yang dikelola oleh negara yaitu (ADD), memimpin inisiatif pengembangan radar. ADD memiliki kontrak dengan Hanwha Systems, sebuah perusahaan pertahanan lokal, untuk memproduksi purwarupa radar AESA.

DAPA, yang merupakan badan pengadaan pertahanan negara, telah membentuk panel untuk meninjau kelayakan program pengembangan tersebut. Audit yang dilaksanakan DAPA baru-baru ini menunjukkan bahwa pengembangan radar AESA domestik adalah sesuatu hal yang dapat dilakukan.

Ini adalah proses konfirmasi kedua dan terakhir untuk dapat menentukan apakah Korea Selatan mampu mengembangkan sistem radar tersebut, sebagai kelanjutan dari proses audit sebelumnya pada bulan Juni 2017.

Sebanyak 112 item yang terbagi ke dalam empat sektor telah diteliti, termasuk uji coba operasional perangkat terkait bekerjasama dengan ELTA, produsen sistem radar AESA, asal Israel, menurut keterangan DAPA.

Rancangan dasar dari radar AESA untuk program KF-X ini akan diselesaikan pada bulan Mei, sedangkan desain jet tempur KF-X akan tersedia pada bulan berikutnya, Juni, kata DAPA menambahkan.

“Sebagaimana telah dikonfirmasi melalui review pertama dan kedua bahwa pengembangan radar AESA domestik adalah mungkin, dan pengembangan sistem telah mendapat kemajuan”, menurut Jung Kwang-sun, Ketua DAPA untuk Program KF-X.

Radar AESA dapat mendeteksi dan melacak beberapa sasaran secara bersamaan dan ekstensif, karena pancaran gelombang radio secara elektronik diarahkan ke suatu titik di berbagai arah tanpa menggerakkan antena.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *