Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Mirage 2000-5 Yunani Jatuh, Pilot Tewas

Militer.or.id – Mirage 2000-5 Yunani Jatuh, Pilot Tewas.

Jet tempur Mirage 2000-5 Angkatan Udara Yunani © Stefg74 via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Sebuah jet tempur Angkatan Udara Yunani jatuh di Laut Aegea pada hari Kamis, 12 April setelah kembali dari patroli, menewaskan pilot, kata pejabat Kementerian Pertahanan Yunani.

Menurut laporan Washington Post, para pejabat mengatakan Mirage 2000-5 dengan satu tempat duduk jatuh diwilayah utara pulau Skyros di Aegean pusat. Mereka tidak memberikan informasi tentang kemungkinan penyebab kecelakaan itu.

Patroli lautan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir ditengah meningkatnya ketegangan antara Yunani dan Turki serta pencegatan harian dan permainan dogfight di wilayah udara yang disengketakan di sekitar pulau-pulau Yunani didekat garis pantai Turki.

Kematian pilot pesawat tempur tersebut di umumkan oleh Menteri Pertahanan Yunani, Panos Kammenos setelah kapal perang Angkatan Laut dan helikopter militer Yunani mencarinya.

“Seorang pilot Yunani bergabung dengan jajaran para pahlawan. Dia jatuh dalam membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial kita”, menurut cuitan Kammenos di Twitter.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menelepon rekan Yunani-nya Alexis Tsipras untuk menyampaikan rasa turut berbelasungkawa dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk kematian pilot tersebut, menurut kantor berita Tsipras.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *