Menhan Israel: Beraksi di Langit Suriah Adalah Hak Kami

Menhan Israel: Beraksi di Langit Suriah Adalah Hak Kami

Militer.or.id – Menhan Israel: Beraksi di Langit Suriah Adalah Hak Kami.

Jet tempur F-15i Ra’am Angkatan Udara Israel (IAF) © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Israel tidak akan menerima pembatasan apapun demi operasinya di wilayah udara Suriah terhadap ancaman Iran, menurut Menteri Pertahanan Israel, dan berharap bahwa komunikasi dengan Moskow akan membantu untuk menghindari gesekan di udara, seperti dilansir dari laman Ria Novosti.

Pada hari Selasa pagi, serangkaian serangan rudal sekali lagi menargetkan infrastruktur militer Suriah. Pentagon, sebelumnya memimpin serangan terkoordinasi pada 14 April terhadap sasaran-sasaran di Suriah bersama Inggris dan Prancisnya, telah membantah keterlibatannya dalam serangan terbaru.

Israel, yang telah membombardir lapangan udara Tiyas (T-4) di provinsi Homs, Suriah pada tanggal 9 April, juga gagal mengakui pemboman tetangganya.

Namun serangan terbaru terhadap Suriah datang hanya beberapa jam setelah Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman bersumpah untuk terus melindungi kepentingan nasional negara itu melalui pelanggaran wilayah udara Suriah jika diperlukan.

“Kami akan mempertahankan kebebasan beraksi sepenuhnya. Kami tidak akan menerima pembatasan apa pun ketika itu menyangkut pembelaan terhadap kepentingan keamanan kami”, kata Lieberman, yang mencatat bahwa semua opsi ada di atas meja.

Dua jet tempur F-15 Israel menargetkan pangkalan udara T-4 di provinsi Homs, Suriah. Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan setelah serangan mendadak pada 9 April. Jet menembakkan 8 peluru kendali, tetapi 5 diantaranya ditembak jatuh sebelum berhasil menghantam lapangan terbang.

Serangan terhadap pangkalan T-4 terjadi pada saat kritis setelah pihak Barat menuduh pemerintah Suriah dan bersumpah membalas dendam atas dugaan serangan klorin di kota Douma yang dihuni militan pada tanggal 7 April.

Rusia, yang memiliki saluran koordinasi dengan militer Israel untuk dapat menghindari bentrokan dilangit Suriah, menyebut serangan itu sebagai perkembangan yang sangat berbahaya. Moskow juga mencatat sebelumnya bahwa mereka akan menembak jatuh proyektil yang dapat mengancam personil Rusia dilapangan dan akan membalasnya.

Pada hari Senin, Lieberman memuji saluran hotline dekonflikasi Israel-Rusia, mencatat keberhasilan mekanisme yang ditetapkan untuk mencegah setiap “gesekan” di langit Suriah.

“Kami tidak menginginkan provokasi dengan Rusia. Kami memiliki jalur komunikasi terbuka di tingkat perwira senior. Militer Rusia memahami kami dan faktanya adalah bahwa selama bertahun-tahun kami berhasil untuk menghindari perselisihan dengan mereka”, kata Lieberman.

Meskipun menghormati kepentingan Rusia di Suriah, militer Israel akan tetap melawan ancaman Iran diperbatasannya, Lieberman mencatat, mengulangi posisi Tel Aviv bahwa pasukan bersenjata Israel memiliki hak penuh untuk menyerang sasaran yang terkait dengan Iran yang diyakini Israel diperuntukkan bagi Hizbullah Libanon.

“Kami harus melakukan apa yang diperlukan. Kami tidak akan mengizinkan konsolidasi Iran di Suriah”, kata Lieberman. “Kami pun tidak akan mentolerir adanya kekuatan militer Iran yang signifikan di Suriah apalagi dalam bentuk pelabuhan militer dan bandara atau penyebaran persenjataan canggih”.

Berbicara kepada anggota Staf Umum IDF pada hari Senin, Menteri Pertahanan Israel menyerukan agar memperkuat lebih lanjut kesiapan militer Israel untuk bisa mengatasi ancaman Iran.

“Kami menghadapi kenyataan baru, tentara Lebanon, bekerjasama dengan Hizbullah, tentara Suriah, milisi Syiah di Suriah dan diatas mereka ada Iran, semua menjadi satu front melawan Israel”, menurut Lieberman.

Pada hari Senin, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qassem mengutuk serangan udara Israel di pangkalan udara T-4, mencatat bahwa Israel akan “cepat atau lambat” menerima balasan yang diperlukan atas kejahatan dan agresi mereka.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *