Iran Luncurkan Fateh, Rudal Balistik Pribumi

Iran Luncurkan Fateh, Rudal Balistik Pribumi

Militer.or.id – Iran Luncurkan Fateh, Rudal Balistik Pribumi.

Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami berada di dekat rudal Fateh- Al-Mobeen yang berarti Penakluk Hebat © Iran MoD via Tasnim News

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Iran meluncurkan generasi baru rudal balistik domestik “Fateh Al-Mobeen” (Penakluk Hebat), yang dapat menghindari radar dan mencapai sasaran dengan akurasi tinggi, seperti dilansir dari laman Tasnim News.

Dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di Teheran pada hari Senin, 13 Agustus 2018, Menteri Pertahanan Iran Brigjend Amir Hatami meluncurkan generasi baru dari rudal balistik Fateh Al-Mobeen, menurut keterangan Organisasi Antariksa Kementerian Pertahanan akan mampu memenuhi kebutuhan praktis Angkatan Bersenjata dengan mengubah ide menjadi sebuah produk dalam rentang waktu yang singkat.

Menteri Pertahanan mengatakan bahwa generasi terbaru Fateh ini adalah rudal yang tangkas, mampu menghindar radar dan taktis dengan akurasi yang tinggi, dan telah sepenuhnya dirancang oleh para ahli lokal dan berhasil diluncurkan.

Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami berada di dekat rudal Fateh Al-Mobeen © Iran MoD via Tasnim News

Menurut publikasi, rudal balistik jarak pendek terbaru itu memiliki jangkauan antara 300 – 500 kilometer. Bagi Hatami, rudal baru ini menunjukkan komitmen Iran untuk memperkuat kemampuan defensif Iran.

Produksi massal rudal baru tersebut akan membantu Iran membuat langkah besar dalam meningkatkan kemampuan pertahanan dalam negeri dan menambah efek pencegah.

Dia lebih lanjut Hatami menekankan bahwa Angkatan Bersenjata Iran tak akan pernah mundur dari rencananya untuk mempromosikan industri rudal serta meningkatkan kemampuan rudal dalam negerinya.

Rudal balistik Fateh Al-Mobeen ditampilkan saat inagurasi © Iran MoD via Tasnim News

Hatami juga mencela campur tangan asing di ranah pertahanan Iran dan upaya untuk membatasi kekuatan rudal Iran, Brigjend Hatami mengatakan bahwa Iran tidak akan pernah mengizinkan pihak luar untuk ikut campur dalam masalah domestiknya.

Sebelumnya, dalam latihan Angkatan Laut di Selat Hormuz yang berlangsung di minggu pertama bulan Agustus, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah meluncurkan varian anti-kapal dari rudal Fateh-110 Mod 3 dari pangkalan di Bandar-e-Jask, tenggara Iran. Rudal tersebut terbang lebih dari 100 mil di jalur penerbangan di selat Hormuz menuju lapangan uji di gurun Iran, menurut Fox News.

Iran menampilkan rudal jelajah tak dikenal saat parade hari militer bulan April 2018 © Atta Kenare via Defense News

Fateh Al-Mobeen bukanlah satu-satunya “rudal baru” yang ditunjukkan oleh Iran tahun ini. Pada bulan April 2018, Iran juga telah menampilkan rudal jelajah yang tak dikenal selama parade Hari Angkatan Bersenjata Iran. Ditandai dengan inisial dari Angkatan Udara Republik Islam Iran, rudal tersebut memiliki sirip trapezoidal grid yang sering digunakan pada misil buatan AS dan dilengkapi seeker di ujungnya.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *