Frigate Rusia Dilaporkan Lacak Kapal Selam Siluman AS

Militer.or.id – Frigate Rusia Dilaporkan Lacak Kapal Selam Siluman AS.

USS Georgia Ohio Class. ( U.S. Navy via commons.wikipedia.org)

Militer.or.id  – Sebuah kapal perang Rusia di Mediterania dilaporkan melacak dan mengikuti kapal selam siluman bertenaga nuklir AS. Insiden itu terjadi pada bulan April 2018, sewaktu AS, Inggris, dan Perancis meluncurkan serangan udara terhadap Suriah, ujar laporan Izvestia, Jumat, 10-8-2018.

Frigate Admiral Essen dari Armada Laut Hitam Rusia berhasil melacak salah satu kapal selam “steel shark” kelas Ohio yang saat ini beroperasi dengan Angkatan Laut AS, ujar surat kabar Izvestia, mengutip sumber di Angkatan Laut Rusia.

Kapal Rusia meninggalkan Sevastopol, pelabuhan Laut Hitam utama yang terletak di Semenanjung Krimea, pada 13 Maret 2018 dan kembali pada 30 Juni 2018. Kapal itu dikerahkan paling lama di Laut Mediterania.

HARUS BACA :  Warga Serahkan 3 Pucuk Senjata ke Satgas Pamtas RI-Malaysia

Pengejaran berlangsung lebih dari 2 jam, di mana kapal Rusia mencatat parameter dasar kapal selam Amerika, yang akan diuraikan dan ditambahkan ke karakteristik akustik kapal selam. Izvestia mengatakan USS Georgia, kapal selam Rudal jelajah, adalah salah satu yang mungkin telah dilacak oleh Angkatan Laut Rusia.

Menemukan kapal selam di laut adalah sukses besar, Vladimir Ambartsumyan, yang pernah menjabat sebagai Komandan pada Brigade Angkatan Laut di Armada Utara Rusia, mengatakan kepada Izvestia. “Kapal selam nuklir adalah objek yang kompleks untuk dideteksi,” katanya kepada koran itu.

Admiral Essen. (photo : Rubin16 via commons.wikipedia.org)

Angkatan Laut AS belum mengeluarkan komentar apa pun tentang laporan itu.

HARUS BACA :  IFV BMP-3 Tampil dengan Meriam 57mm Robotik
HARUS BACA :  Denmark Hentikan Persetujuan Ekspor Senjata ke Arab Saudi

“Saya tidak punya apa-apa untuk menjawab laporan yang Anda tunjukkan,” kata US Sixth Fleet US Navy Cmdr Kyle Raines, kepada Sputniknews.com. “Kekuatan kapal selam kami tetap yang paling mematikan dan ditakuti di planet ini. Selain itu, pesawat dan kapal Angkatan Laut AS secara rutin berinteraksi dengan unit-unit Rusia di wilayah udara internasional dan laut dan sebagian besar interaksi aman dan profesional.”

Insiden itu terjadi pada bulan April 2018, sewaktu AS, Inggris, dan Prancis membom Suriah sebagai pembalasan atas dugaan serangan kimia oleh pemerintah Assad di kota Douma. Sistem pertahanan udara Suriah mencegat mayoritas Rudal jelajah dan Rudal permukaan udara dari sekutu pimpinan AS.

HARUS BACA :  Enam F16 Akan Patroli di Selat Malaka

Menurut data militer AS, kapal selam kelas Ohio dipersenjatai dengan “Rudal taktis dan dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang unggul.” Kapal selam ini mampu meluncurkan “penghentian yang belum pernah terjadi sebelumnya” dari “platform rahasia, klandestin.” Mereka juga mampu ” meluncurkan serangan Rudal dan mendukung misi Pasukan Operasi Khusus (SOF). ”

Frigate Admiral Essen, yang membawa 8 Rudal jelajah Kalibr yang diluncurkan secara vertikal, adalah salah satu kapal perang paling modern Rusia. Kapal itu dikerahkan untuk menyerang ISIS target selama operasi Rusia di Suriah pada tahun 2017. Kapal perang itu berhasil menyerang pusat komando dan kontrol ISIS, serta depot amunisi pada beberapa waktu.

HARUS BACA :  IFV BMP-3 Tampil dengan Meriam 57mm Robotik
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here