J-10B, Tandem Mematikan Su-35 China

J-10B, Tandem Mematikan Su-35 China

Pesawat tempur J-10B China, bawa rudal  PL-10 dan PL-12 air-to-air. (Alert5 via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Pesawat tempur ringan J-10B Angkatan Udara China melakukan manuver udara yang menakjubkan di gelaran Acara Zhuhai Airshow 2018. Yang paling menarik untuk dicermnati adalah, meski menggunakan satu mesin, J-10B mampu melakukan manuver ‘Patukan Kobra” yang biasanya lazim dilakukan pesawat tempur berat bermesin dua seperti Su-27 ataupun Su-35.

Konon J-10B menggunakan mesin tunggal dengan kemampuan TVC (Thrust Vectoring Control) WS-10B3, Sebuah knalpot mesin fleksibel yang membuat pesawat mampu bermanuver lincah meskipun tanpa menggunakan pergerakan sirip pesawat ataupun sirip ekor.

Selama ini J-10B sering melakukan penerbangan patroli ke perbatasanya di Laut China Selatan dan  Jepang, dan juga dengan hampir selesainya pengiriman Su-35 China oleh Rusia, sangat mungkin China akan mengkombinasikan patroli udara J-10B dengan Su-35 terbarunya.

Kini dengan J-10B dan Su-35 yang sama-sama menggunakan mesin dengan daya dorong TVC, menjadikan keduanya merupakan tandem udara mematikan yang harus diwaspadai negara-negara seterunya.

Penulis:  Muhidin

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *