J-10B, Tandem Mematikan Su-35 China

Pesawat tempur J-10B China, bawa rudal  PL-10 dan PL-12 air-to-air. (Alert5 via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Pesawat tempur ringan J-10B Angkatan Udara China melakukan manuver udara yang menakjubkan di gelaran Acara Zhuhai Airshow 2018. Yang paling menarik untuk dicermnati adalah, meski menggunakan satu mesin, J-10B mampu melakukan manuver ‘Patukan Kobra” yang biasanya lazim dilakukan pesawat tempur berat bermesin dua seperti Su-27 ataupun Su-35.

HARUS BACA :  Yonif Raider 509 Kostrad Latihan Pemantapan Raider

Konon J-10B menggunakan mesin tunggal dengan kemampuan TVC (Thrust Vectoring Control) WS-10B3, Sebuah knalpot mesin fleksibel yang membuat pesawat mampu bermanuver lincah meskipun tanpa menggunakan pergerakan sirip pesawat ataupun sirip ekor.

HARUS BACA :  Melawan China, Amerika Akui Kapal Induk Mereka Bisa Jadi Bebek Duduk

Selama ini J-10B sering melakukan penerbangan patroli ke perbatasanya di Laut China Selatan dan  Jepang, dan juga dengan hampir selesainya pengiriman Su-35 China oleh Rusia, sangat mungkin China akan mengkombinasikan patroli udara J-10B dengan Su-35 terbarunya.

HARUS BACA :  Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Diresmikan

Kini dengan J-10B dan Su-35 yang sama-sama menggunakan mesin dengan daya dorong TVC, menjadikan keduanya merupakan tandem udara mematikan yang harus diwaspadai negara-negara seterunya.

Penulis:  Muhidin

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Bukan Hanya Jepang, Jerman dan Italia Juga Terjunkan Kapal Selam Mini di PD 2