Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Rusia Peringatkan AS Atas Pengiriman Rudal ke Eropa

dok. Misil balistik jarak menengah dengan target terpisah diluncurkan dari Pacific Missile Range Facility. commons.wikipedia.org

Moskow, Militer.or.id   – Amerika Serikat mempertaruhkan diri dengan memicu “peristiwa dramatis” di Eropa, jika negara tersebut memutuskan untuk menyebarkan Rudal baru ke Eropa, setelah menarik diri dari Traktat Pasukan Nuklir Tingkat Menengah (INF Treaty), ujar Duta Besar Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, yang dirilis pada hari Selasa 13-11-2018 oleh Sputniknews.com

“Jadi apa rencana selanjutnya dari pemerintahan AS setelah mereka meninggalkan INF? … Jika mereka berencana untuk menyebarkan Rudal di Eropa, yang mungkin mengarah pada peristiwa dramatis di seluruh Eropa – termasuk dalam politik domestik,” kata Chizhov kepada surat kabar itu.

Menurut Chizhov, Eropa adalah penerima manfaat utama dari perjanjian INF dan oleh karena itu adalah pihak yang paling dirugikan oleh pembatalan perjanjian tersebut.

“Itu terbukti pada tahun 1987 dan terus menjadi: pemenang besar adalah Eropa.  Karena Eropa adalah tempat di mana Rudal jarak sedang dan dekat Amerika dikerahkan  dan Eropa adalah akibatnya target Rudal Soviet yang sama,” jelas Chizhov.

Berbicara tentang kemungkinan revisi Perjanjian INF, diplomat itu menolak usul AS untuk mengundang China untuk bergabung dengan perjanjian yang telah direvisi, mengatakan bahwa Rusia, yang berbagi perbatasan dengan China, memiliki alasan lebih untuk khawatir tentang program rudal Beijing.

Komentar tersebut mengacu pada suara pada akhir Oktober oleh Presiden AS Donald Trump yang berencana untuk mundur dari Perjanjian INF, mengklaim bahwa Rusia telah melanggar perjanjian tersebut. Moskow telah mengutuk rencana tersebut dan menyangkal pelanggaran apa pun.

Sebelum itu, Amerika Serikat dan Rusia telah berulang kali menuduh satu sama lain melanggar Perjanjian INF. Moskow, khususnya, telah menyatakan bahwa Amerika Serikat mengerahkan peluncur untuk rudal Tomahawk di Rumania dan Polandia, sesuatu yang dilarang oleh perjanjian itu.

Rusia juga menunjukkan fakta bahwa Washington sedang mengembangkan pesawat tempur tempur dan membiayai penelitian tentang pengembangan rudal jelajah yang diluncurkan di darat. Sementara itu, pihak berwenang Rusia telah menekankan pada banyak kesempatan bahwa itu secara ketat mematuhi kewajiban yang digariskan dalam perjanjian.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *