Dari Warna Hingga Blow Trick, Inilah 5 Teknik Kamuflase Militer

Dari Warna Hingga Blow Trick, Inilah 5 Teknik Kamuflase Militer

Kamuflase perangkat militer sangat penting untuk membuat perangkat tersebut bisa bertempur dengan kerugian minimum. Bahkan jika musuh dilengkapi dengan perangkat intelijen tercanggih, kamuflase senjata yang canggih dapat mengalahkan sang musuh, menghalanginya untuk mengarah dan menghancurkan perangkat tersebut.

Bagaimana misil strategis dan antipesawat Rusia berkamuflase di medan tempur?  Berikut lima cara yang digunakan untuk melindungi senjata-senjata militer negara tersebut.

kamuflase1

Pewarnaan

Kamuflase warna merupakan metode paling umum untuk membuat perangkat tersebut sulit dilihat musuh hingga waktu yang tepat. Mengubah warna membuat objek tersebut sulit dilihat.

Seperti bunglon, perangkat dapat bermimikri dengan latar belakangnya. Oleh karena itu, sebagian besar tank T-72 Rusia bewarna hijau-kecokelatan, yang mendominasi wilayah tengah Rusia, sementara T-90 yang diuji coba di Peru pada 2013 diwarnai kuning abu-abu seperti stepa gurun.

Di Timur Tengah, hampir semua peralatan militer diberi warna cokelat sesuai dengan warna gurun pasir.

kamuflase2

Meshing

Teknik ini lebih cepat dan lebih murah, tapi tak selalu berhasil menyembunyikan senjata. Meshing adalah teknik kamuflase dengan menutupi perangkat dengan jaring, dengan anyaman pita film plastik bewarna.

Warna jaring tersebut juga bergantung pada wilayah pertempuran—dari putih Arktik hingga cokelat. Jaring semacam ini dapat bertahan bahkan di suhu ekstrem. Jaring kamuflase dapat bertahan dari api, kelembaban, jamur, ataupun sinar matahari.

Namun, ia memiliki kelemahan—jaring ini hanya melindungi perangkat dari deteksi optikal musuh. Kamera pesawat tanpa awak tak dapat mendeteksi apapun, namun jika ia dilengkapi dengan pendeteksi termal, pesawat tersebut dengan mudah mendeteksi tank yang tersembunyi (mesin dan senjatanya mungkin memiliki temperatur lebih tinggi dari suhu ruangan).

kamuflase3

Asap dan Cermin

Dengan kata lain, menggunakan layar asap, dan memastikan bahwa musuh tak tahu di mana perangkat militer tersebut berada. Layar asap beberapa kali lipat lebih besar dari objek yang disembunyikan.

Hasilnya, perangkat tersebut tersembunyi di tengah awan raksasa. Tudung aerosol tersebut cocok dipadukan dengan kamuflase warna dan kamuflase jaring. Namun, metode ini sulit diandalkan karena ia hanya bisa diterapkan dalam kondisi udara yang kering dan bersih dan angin berkecepatan rendah.

Semakin tinggi kecepatan angin, semakin cepat asap menguap dan semakin dangkal asap berpenetrasi. Sementara, kondisi yang benar-benar tenang juga tak mendukung dan hujan deras dapat melenyapkan asap tanpa jejak.

f-16 balon 2

Imitasi

Kementerian Pertahanan  Rusia diketahui menciptakan cara baru untuk menyamarkan senjata seperti sistem misil strategis Yars. Dengan menggunakan laser khusus, akan tercipta hologram raksasa yang mengimitasi peluncur Yars.

Selain itu, menurut pengembang, efek visual ini dapat membingungkan musuh, menampilkan peluncur di tempat yang salah, sedangkan peluncur sesungguhnya akan membaur dengan objek lain.

Belum ada informasi mengenai penggunaan hologram ini di militer Rusia. Sementara Amerika juga pernah membuat imitasi F-16 dari balon pada era Perang Dingin untuk menipu musuh jika melakukan serangan udara ke pangkalan mereka.

Blow Trick

Perangkat penipuan pneumatik atau puffs lebih bisa diandalkan dari tudung aerosol dan dapat mengecoh dengan lebih efektif. Dalam beberapa menit— sebuah tank dummy, pesawat, atau misil  ke-dara siap.

Dari udara, tak mungkin membedakan puffs dari baja. Perangkat ini merupakan bingkai yang ditutupi oleh cangkang. Tiap perangkat dilengkapi dengan simulator termal dan radar, sumber energi, sertai kipas.

Bobot tiap perangkat dapat mencapai 30 hingga seratus kilogram, tergantung pada tipenya. Perangkat ini dapat dikirim melalui darat, laut, atau udara, dan beberapa tipe dapat dengan mudah diangkut menggunakan ransel sederhana.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *