Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

KSAD Tutup Latma TNI AD dan Singapores Armed Force di Situbondo

Latihan bersama antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura ini telah berlangsung selama 30 tahun, dan pada tahun depan (2019) Latma Safkar Indopura akan dilaksanakan di Singapura.

Situbondo, Militer.or.id   –  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono resmi menutup kegiatan Latihan Bersama TNI AD dan “Singapores Armed Force” atau Angkatan Darat Singapura (Latma Safkar Indopura ke-30) pada Senin 19-11-2018 di Puslatpur 5 Marinir Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Dirilis Antara pada Senin 19-11-2018.

“Disadari bahwa pusat kekuatan (center of gravity) militer terletak pada para personel yang dimilikinya, untuk itu agar Angkatan Darat mampu menghadapi ancaman dan tantangan terkini yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya Upacara Penutupan Latma Safkar Indopura ke-30 Tahun 2018 di lapangan Puslatpur 5 Marinir, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Jenderal TNI Mulyono juga meyakini dengan adanya intensitas interaksi yang berkualitas selama berlangsungnya latihan bersama TNI AD dan Angkatan Darat Singapura, merupakan suatu kunci sinergi kerja sama di antara kedua Angkatan Darat (Indonesia-Singapura).

Melalui Latma Safkar Indopura ini, katanya, prajurit-prajurit TNI AD dan AD Singapura dapat meningkatkan kemampuan individu dan satuan melalui saling bertukar pandangan dan pengalaman serta keterampilan.

“Kami memiliki keyakinan tinggi TNI AD dan Angkatan Darat Singapura akan mampu berkontribusi penting untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terwujudnya kawasan regional yang aman, tentram damai dan sejahtera,” tuturnya.

Jenderal Mulyono menambahkan, latihan bersama ini merupakan salah satu upaya dalam membina hubungan kerja sama meningkatkan kesepahaman berbagai prosedur taktis antara kedua Angkatan Darat, serta mempererat hubungan kedua negara.

Selain itu, latihan bersama ini juga memiliki dampak yang sangat positif dalam mengantisipasi timbulnya suatu potensi konflik yang timbul di wilayah regional di masa mendatang.

Kasdam V/Brawijaya dan Danrem 083/Baladhika Jaya Sambut Kedatangan KSAD Singapura

Dalam pantauan, sebelum dilaksanakan upacara penutupan prajurit TNI AD dan “Singapores Armed Force” (SAF) atau Angkatan Darat Singapura melaksanajan latihan tempur di Puslatur 5 Marinir Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Dalam skenario latihan bersama ini, ratusan prajurit TNI AD dan AD Singapura bersama-sama menggempur kekuatan musuh dengan menggunakan alutsista kedua negara. Selanjutnya, dalam upacara penutupan Latma Safkar Indopura ke-30 tahun 2018 yang dilaksanakan sejak 12 hingga 19 November 2018, Angkatan Darat Singapura disuguhi kesenian Reog.

Latihan bersama antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura ini telah berlangsung selama 30 tahun, dan pada tahun depan (2019) Latma Safkar Indopura akan dilaksanakan di Singapura. (tniad.mil.id)

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *