Pilot Terlalu “Pede”, Penyebab F-22 Gagal Lepas Landas

F-22 Raptor, jet tempur superioritas Angkatan Udara AS © USAF via Wikimedia Commons

Investigasi kecelakaan pesawat tempur siluman F-22A di Naval Air Station Fallon pada bulan April 2018 ditemukan fakta pilot lepas landas menggunakan teknik yang salah.

Pada 20 April, Raptor F-22A yang masuk dalam Skuadron Tempur 90 gagal lepas landas dan jet tempur meluncur keluar landasan sejauh 6.514 meter sebelum akhirnya terhenti dilandasan.

HARUS BACA :  Rusia Kembangkan Kapal Serbu Amfibi Baru Berbobot 8.000 Ton

USAF selaku pihak penyelidik menetapkan bahwa pilot telah salah membaca perangkat Take off and Landing Data (TOLD) yang digunakan untuk take off, dan pilot gagal mengoreksi kesalahan TOLD, dirilis situs, scribd.com, 18/11/2018.

United States Air Force Acc… by on Scribd

Pilot terlalu dini menarik roda pesawat sedangkan saat itu F-22 belum mendapatkan kecepatan yang sesuai untuk melakukan penerbangan.

HARUS BACA :  Sekutu AS Tidak Siap Perang Dingin Lawan China
HARUS BACA :  Rusia Uji Duet Maut S-400 dan Pantsir-S1

Dewan Penyelidik yang menyelidiki kecelakaan lainnya juga menemukan pilot F-22 lain memutar pesawat saat lepas landas pada kecepatan yang lebih rendah daripada yang dihitung oleh perangkat TOLD.

Penyelidik juga menemukan bahwa kalangan pilot pesawat tempur F-22 terlalu percaya diri dengan kemampuan pesawat untuk lepas landas karena tenaga tinggi yang dihasilkan oleh mesin. Padahal ini bisa menyebabkan berkurangnya kecepatan pesawat pada saat take off.

HARUS BACA :  Unit Rudal Tagil Rusia Dilengkapi Yars Mutakhir

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Lanud RSN Akan Tambah Satu Detasemen Penangkis Serangan Udara