AS Takkan Ragu Gunakan Kekuatan Militer Terhadap Iran

Ilustrasi: Rudal commons wikipedia, org

Washington,  Militer.or.id    –   AS takkan ragu untuk menggunakan kekuatan militer terhadap Iran, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS pada Kamis 29-11-2018, sambil memperlihatkan senjata yang ia katakan dikirim oleh Teheran ke berbagai asuhannya, dirilis Antara pada Jumat 30-11-2018

Wakil kementerian itu untuk Iran, Brian Hook, memberi penjelasakan kepada wartawan di satu pangkalan militer di Washington mengenai pengiriman senjata Iran ke kelompok asuhannya dan pengembangan Rudal Teheran. Namun ia mengatakan AS memilih untuk terlibat dengan negeri tersebut “secara diplomatik”, meskipun pilihan militer tersedia di meja.

HARUS BACA :  Damen Unveils its New MRSS Design Proposal for Royal Malaysian Navy

“Kami telah sangat jelas dengan rejim Iran bahwa kami takkan ragu untuk menggunakan kekuatan militer ketika kepentingan kami terancam. Saya kira mereka mengerti itu. Saya kira mereka mengerti itu dengan sangat jelas,” kata Hook, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu yang dipantau Antara pada Jumat pagi 30-11-2018 di Jakarta.

“Saya kira saat ini, meskipun kami pilihan militer tersedia di meja, pilihan kami ialah menggunakan semua alat yang tersedia di bidang diplomatik,” ia menambahkan.

AS telah mengambil sikap yang jauh lebih keras terhadap Iran sejak Presiden Donald Trump memangku jabatan. Trump menarik Washington ke luar kesepakatan nuklir Iran dan kembali menjatuhkan sanksi atas Teheran pada awal November 2018.

HARUS BACA :  Gerilyawan Yaman Tembakkan Rudal ke Perbatasan Saudi – Militer.or.id
HARUS BACA :  Leonardo - Elbit Systems Lengkapi Seagull dengan Torpedo

Hook “mengungkapkan bukti yang ia katakan mengenai penyebaran Rudal”, dan menyoroti bermacam sistem persenjataan yang dikatakan AS dikirim ke berbagai asuhan Iran, terutama kepada gerilyawan Al-Houthi di Yaman.

Ia memperlihatkan sejumlah senjata yang disita di Afghanistan, Yaman, Bahrain dan Arab Saudi, dan menyatakan semua senjata itu “berasal dari Iran”. Jika Iran didapati telah mengirim sitem persenjataan ke tempat tersebut, itu akan menjadi pelanggaran terhadap resolusi PBB.

HARUS BACA :  Norwegia Rencanakan Penyelamatan Fregat HNM Helge Ingstad

“Saat dunia berjuang bagi perdamaian dan keamanan di Timur Tengah, kami bekerja untuk memutar-balikkan kemajuan yang dibuat oleh Iran dan asuhannya selama beberapa tahun belakangan,” kata Hook.

Banyak senjata yang disebutkan oleh Hook diperoleh oleh Arab Saudi, di tengah kecaman yang meningkat di Washington mengenai dukunan AS buat operasi koalisi pimpinan Arab Saudi dalam perang saudara di Yaman.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

HARUS BACA :  Jadi 'Polisi Dunia', AS Tempatkan 300K Tentara di 177 Negara

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kasad: Kedisiplinan Modal Utama Seorang Prajurit

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here