Investigasi Penyebab Tenggelamnya Fregat Ingstad

Fregat Fridtjof Nansen dan Helge Ingstad (Bjoertvedt via Wikipedia)

Militer.or.id Badan Investigasi Kecelakaan Norwegia mempertanyakan tentang integritas kedap air dari fregat Nansen class yang secara tidak langsung menuding ke produsen kapal Navantia, setelah tabrakan dan tenggelamnya kapal fregat Helge Ingstad pada awal November.

Dalam laporan awal yang dirilis Kamis, dewan mencapai kesimpulan awal bahwa kebingungan awak kapal di anjungan Ingstad adalah penyebab langsung dari kecelakaan itu, tetapi tenggelamnya kapal itu juga disebabkan oleh banjir deras yang tampaknya melebihi dari kemampuan kedap air Ingstad.

HARUS BACA :  Brigif Raider 9 Kostrad Renovasi Lapangan Tembak

The Accident Investigation Board Norway atau AIBN mengeluarkan laporan publik dan peringatan bahwa problem yang mengakibatkan tenggelamnya fregat Ingstad juga bisa berlaku untuk kapal buatan Navantia lainnya, menimbulkan pertanyaan tentang kualitas dari produsen kapal Spanyol tersebut.

“AIBN telah menemukan masalah keamanan penting yang berkaitan dengan kompartemen kedap air kapal,” bunyi laporan itu.“Ini harus diasumsikan juga berlaku untuk empat fregat Nansen class lainnya”.

HARUS BACA :  Rusia: Suriah Berhak Kejar Pemberontak Keluar Idlib

“Tidak dapat dikecualikan bahwa hal yang sama bisa berlaku untuk kapal dengan desain yang sama yang dikirimkan oleh Navantia, atau konsep desain lain yang digunakan untuk model kapal yang serupa. AIBN mengasumsikan temuannya bahwa standar stabilitas kerusakan tidak sesuai dengan yang diharapkan pada fregat Nansen class.”

HARUS BACA :  Dubes RI untuk Sri Lanka Sambut Prajurit KRI Usman Harun-359 – Militer.or.id

Dalam sebuah pernyataan kepada Defense News, juru bicara Navantia Esther Benito Lope menekankan bahwa laporan itu “sangat awal” dan perusahaan telah menawarkan kerja sama dengan Norwegia dalam penyelidikan.

HARUS BACA :  Calon Taruna dan Taruni AAL Kunjungi Menkav 1 Mar – Militer.or.id

“Navantia telah menawarkan, sejak awal, bekerja sama dengan (Royal Norwegian Navy) untuk mencari kejelasan (penyebab) kecelakaan itu,” kata Benito Lope. “Navantia akan menganalisis semua kemungkinan, mengingat bahwa beberapa kemungkinan yang disebutkan … kesimpulan dari penyelidikan yang terlalu awal.”

Sumber: Defence News

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Pencarian Kapal Selam Argentina Terus Dilakukan