Pushidrosal Resmi Sebagai Administrator ENC di Selat Malaka dan Selat Singapura

Pushidrosal secara resmi sebagai administrator Electronic Navigational Chart (ENC) di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura
Pushidrosal secara resmi sebagai administrator Electronic Navigational Chart (ENC) di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. (TNI AL)

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) secara resmi sebagai administrator Electronic Navigational Chart (ENC) di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura, Kamis (6/12/2018)

Dilansir dari laman TNI AL (6/ 12), Serah terima (handing over) administrator pembuatan ENC  dari Singapura ke Indonesia ini dilaksanakan pada pertemuan The  3rd Implementation Committee Meeting Joint Hydrographic Survey of The Straits of Malacca and Singapore yang dihelat di Grand Mercure Hotel, Medan, 5-6 Desember 2018.

HARUS BACA :  Kelahiran Kapal Selam Ini Sempat Membuat NATO Gentar

Hadir dalam pertemuan tersebut Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H., M.H  yang didampingi Diropssurta Kol. Laut (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho , M.Si, Kadisosemet Kol. Laut Kamija SSi, M.Si. serta Letkol.Laut (P) Jazim Aziz.

Serah terima administrator pembuatan ENC dilaksanakan dari Maritime and Port Authority Singapura yang diwakili Chief Hydrographer Dr. Perry Oei kepada Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H., M.H.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan Kesiapan Pushidrosal menyampaikan paparan mengenai  proses penyamaan sistem, standar, perangkat lunak pengolah dan kemampuan SDM  Pushidrosal dalam menangani ENC.

HARUS BACA :  Satlat Kartika Jala Krida 2018 tiba di Surabaya
HARUS BACA :  Satgas Yon Komposit Dikunjungi Dubes RI untuk Sudan-Eriteria

Penyerahan administrator pembuatan ENC Selat Malaka dan Selat Singapura kepada Pushidrosal menunjukkan kepercayaan negara-negara pada tingkat regional dan dunia pelayaran Internasional kepada Pushidrosal, sekaligus memberikan apresiasi atas kinerja yg sudah dilakukan oleh Pushidrosal dalam menyiapkan peta untuk menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran.

Kerjasama survei hidrografi Negara pantai di Selat Malaka dan Selat Singapura  sudah berlangsung selama 40 tahun dan Survei bersama yang dilakukan pada tahun 2018 / 2019, akan digunakan untuk pemutakhiran ENC di perairan Selat Malaka dan Selat Singapura sehingga dapat menjamin keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran di kawasan tersebut.

HARUS BACA :  Korps Marinir AS Butuh Helikopter Mi-24 Serta Mi-17

The  3rd Implementation Committee Meeting Joint Hydrographic Survey of The Straits of Malacca and Singapore merupakan kegiatan bersama antara Indonesia dengan Singapura, Malaysia dan Jepang membahas implementasi kerjasama survei hidrografi di Selat Malaka dan Selat Singapora.

Pada pertemuan tersebut, Pihak Jepang yang ditunjuk sebagai Malacca Straits Council menyampaikan laporan tentang pertemuan pertama tentang quality assurance dan quality control hasil survei  hidrografi  2018. Selain itu dibahas pula teknis pelaksanaan  kerjasama survei hidrografi  2019, pengiriman berita pelaut (Notice to Mariners/NTM).

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

HARUS BACA :  TNI AU Akan Bangun Dua Skadron Baru
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  200 Prajurit TNI Terima Medali CAR

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here