Iran Tuding Ada Sabotase AS Atas Gagalnya Peluncuran Satelit Kedua

0
238

MILITER.OR.ID, MUNICH – Iran Tuding Ada Sabotase AS Atas Gagalnya Peluncuran Satelit Kedua. Seperti yang dilaporkan oleh New York Times minggu ini, diungkap oleh Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif dalam konfirmasinya, negara Iran telah mengalami dua kali kegagalan meluncurkan satelit selama dua bulan terakhir. Ia menyatakan hal tersebut karena ada kemungkinan disebabkan oleh sabotase yang dilakukan Amerika Serikat (AS).

HARUS BACA :  Butuh Cepat? Marinir AS Tinggal Print Saja

Dalam keterangan tersebut Iran telah melakukan penyelidikan terkait dengan kegagalan tersebut, tapi mereka masih memeriksa secara fisik dengan munculnya artikel yang dimaksud.

“Sangat mungkin. Kami belum tahu,” katanya tentang kemungkinan kampanye sabotase AS. “Kita harus memeriksanya dengan sangat hati-hati,” imbuhnya seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (16/2/2019).

Sebelum adanya berita oleh New York Times, AS mempercepat adanya program rahasia untuk menyabotase senjata rudal Iran. Program tersebut digambarkan sebagai bagian dari kampanye yang diperluas oleh AS guna melemahkan militer Iran serta mengisolasi ekonominya. Sedangkan dalam laporan New York Times, terdapat kutipan pernyataan pejabat AS yang menyinggung kegagalan Iran meluncurkan dua satelit dalam satu bulan terakhir.

HARUS BACA :  Penerbangan Batik Air dari Bandara Halim Pā€“ Samarinda Dibuka

“Dua kegagalan roket itu – satu diumumkan Iran pada 15 Januari dan yang lain, upaya yang tidak diakui, pada 5 Februari lalu – adalah bagian dari pola selama 11 tahun terakhir. Pada saat itu, 67 persen dari peluncuran orbital Iran telah gagal, jumlah yang sangat tinggi dibandingkan dengan tingkat kegagalan 5 persen di seluruh dunia untuk peluncuran ruang angkasa yang serupa,” ungkap pejabat AS.

HARUS BACA :  Lima Kali AS Gunakan Kekuatan Militer dan Semua Jadi Bumerang

Demikianlah laporan Berita Militer Dunia yang bisa militer.or.id sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here