Marinir Gelar Pelatihan Alokom DDF Generasi Terbaru

Marinir Gelar Pelatihan Alokom DDF Generasi Terbaru

17 Mei 2017

Alat komunikasi Digital Direction Finder (DDF) tipe 550 (photo : Korps Marinir)

Dispen Kormar (Jakarta). Korps Marinir menggelar pelatihan alat komunikasi Digital Direction Finder (DDF) tipe 550 di Markas Batalyon Komunikasi Dan Peperangan Elektronika (Yonkomlek) 2, Resimen Bantuan Tempur (Menbanpur) 2 Marinir Jakarta,  Senin (15/5/2017).

Sebelumnya Korps Marinir telah memiliki beberapa unit alkom sejenis yakni Monitoring and Observation Direction Finder (Monob DF) yang berbentuk Komunikasi Mobile (Komob) yang sudah sering digunakan dalam berbagai latihan dan operasi Korps Marinir. Alkom  DDF 550 merupakan generasi terbaru dari Komob generasi pertama yang kini sedang diupgrade teknologinya dari monolog ke digital.

Pelatihan Alkom DDF diikuti 26 peserta perwakilan dari Yonkomlek-1 Mar Surabaya, Yonkomlek-2 Mar Jakarta dan Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika (Diskomlek) Korps Marinir. Materi pelatihan yang disampaikan teknisi Ronde & Schwarz yang didatangkan langsung dari Jerman tersebut antara lain  System Overview, Layout and Equipment, Signal Within the Electromagnetic Spectrum, DF Basic And Direction Finder, Mission Preparation: System Deployment Considerations, Monitoring Operation, Further System Related Practical Use and Hands-on Dan System Maintenance. Khusus untuk hari pertama, materi pelatihan difokuskan pada pengenalan radio Manpack 1555 sebagai kelengkapan DDF 550.

Alkom DDF generasi terbaru mempunyai kelengkapan sistem Digital Direction Finder with R & S DDF 550, Direction Finder Antena With R & S ADD253, Monitoring R&S HE 010 (HF Band), Satellar dan Laptop Monitoring R & S. Seperti generasi sebelumnya, Alkom jenis DDF dalam pengoperasiannya ditempatkan  di dalam kendaraan Toyota Hylux.  Kelebihan alkom ini adalah dapat menentukan lokasi dari suatu Transmiter lawan dengan panduan dari sumber Transmiter itu sendiri.

Hadir dalam pelatihan yang direncanakan hingga Selasa (23/5) mendatang tersebut, Kasi Siapnika Diskomlekal Letkol Laut (E) Letkol Laut (P) Giat Pangaribuan, Kasi Bannika Diskomlekal Letkol Laut (P) Domingus, Kasubdisrenhar Diskomlek Kormar Letkol Mar Hadi Santoso , S.E. dan Kasirenhar Diskomlek Kormar Mayor Marinir Mughni Alex serta perwakilan Rohde & Schwarz .


administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *