Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

DPD RI Dukung Pemerintah Beri Nama Laut Natuna

Militer.or.id – DPD RI Dukung Pemerintah Beri Nama Laut Natuna.

Dok. KRI Fatahillah-361 patroli di Laut Natuna, Kepulauan Riau

Jakarta – Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menyatakan mendukung langkah Pemerintah Indonesia yang memberikan nama Laut Natuna Utara sebagai pengganti nama Laut China Selatan yang masuk dalam wilayah zona ekonomi ekslusif (ZEE).

“Perubahan nama ini adalah satu langkah maju dari Pemerintah Indonesia,” ujar Oesman Sapta sewaktu menyampaikan pidato pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pada Rabu 16-8-2017 di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Hadir pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI antara lain, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kala dan Ibu Mufidah, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Budiono, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Setya Novanto, para pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri kabinet, Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung.

Hadir juga sejumlah duta besar dan perwakilan dari negara sahabat, para ketua umum partai politik, serta para anggota DPR RI dan DPD RI.

Menurut Oesman Sapta, penggantian nama tersebut meskipun baik untuk Indonesia, tetapi Pemerintah hendaknya tetap menghormati Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional.

Pada kesempatan itu Ketua DPD RI juga menyatakan, dalam menyikapi perkembangan politik kawasan, baik di Timur Tengah maupun Semenanjung Korea, DPD RI mendorong Pemerintah Indonesia untuk menguatkan kembali kebijakan politik luar negeri, yakni politik bebas aktif. “Kebijakan politik bebas aktif ini sesuai amanat UUD 1945,” ujar Oesman Sapta.

Menurut Oesman Sapta Odang, DPD RI juga menghargai kebijakan Pemerintah Indonesia yang tetap konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Dirilis Antara, 16/8/2017.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *