Pembangunan Pelabuhan Kijing Dimulai Tahun 2017

Pembangunan Pelabuhan Kijing Dimulai Tahun 2017

Militer.or.id – Pembangunan Pelabuhan Kijing Dimulai Tahun 2017.

Desain Pelabuhan Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat (portdevco.com)

Mempawah – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Elvyn G Masassya mengatakan proses pembanguan tahap awal Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, ditargetkan mulai September telah dikerjakan.

“Tahun ini ditargetkan sudah dimulai ada proses pembangunan. Pembangunan terminal pertama sendiri dijadwalkan selesai tahun 2019 dan pada 2022 dilanjutkan ke tahap selanjutnya,” ujarnya saat melakukan kunjungan di lokasi pelabuhan di Mempawah, Jumat, 18/8/2017.

Ia menjelaskan Pelabuhan Kijing yang dicanangkan sebagai pelabuhan internasional akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang baik seperti peti kemas dan lainnya.

“Secara umum kapasitas untuk Pelabuhan Kijing ditargetkan 2,5 juta teus per tahun. Namun untuk tahap awal ditargetkan 1,5 juta teus,” ujarnya.

Adapun total area yang dibutuhkan untuk menunjang hadirnya pelabuhan tersebut seluas 200 hektar.

“Pelabuhan tersebut juga akan dilengkapi dengan kawasan industri maka dalam jangka panjang dibutuhkan area seluas 5000 hektare,” ujarnya.

Sejauh ini sudah ada beberapa patner yang akan siap bisinergi termasuk dari sejumlah BUMN maupun pihak swasta.

“Saat ini baru hanya sebatas kesiapan namun untuk proses kerjasama dan persetujuan lagi dibicarakan,” katanya.

Terkait hadirnya Pelabuhan Kijing kelak, ia menyakini akan dapat mendorong perekonomian Kalbar menginggat posisinya yang langsung menghadap Asia Timur.

“Potensi pasar Pelabuhan Kijing besar sekali. Belum lagi Kalimantan Barat sendiri memiliki komoditas unggulan yang memiliki skala cukup besar untuk diekspor,” ujar Elvyn G Masassya, dilansir Antara.

Pembangunan Pelabuhan Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat ditargetkan selesai tahun 2020. Skema pendanaan dari BUMN dengan total investasi Rp 5,040 Miliar. Pembangunan pelabuhan ini, bagian dari Proyek Strategis Nasional..

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *